Mengintip Pesona Indah Pantai Pandawa Bali

misterpangalayo.com - Bali adalah sebuah pulau sekaligus provinsi di Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Bali menjadi tujuan wisata yang sangat lengkap dan terpadu. Selain itu, juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik.

Sebagai primadona pariwisata Indonesia, Bali bukan hanya menjadi tujuan wisata terbaik bagi wisatawan domestik, namun seluruh turis dari mancanegara selalu membidik Bali sebagai tujuan berlibur. Tak heran, Bali selalu mendapat banyak penghargaan dari Indonesia maupun dunia. Salah satunya, predikat sebagai destinasi wisata terbaik di dunia 2017 versi Travellers Choice Award yang dilakukan oleh Tripadvisor.

Mengintip Pesona Indah Pantai Pandawa Bali

Pulau yang terkenal dengan julukan sebagai "Pulau Dewata" ini memiliki banyak tempat wisata pantai yang wajib untuk dikunjungi, baik pantai berpasir putih hingga pantai berpasir hitam. Dari sekian banyak pantai yang dimiliki pulau Bali, saya berkesempatan jalan-jalan ke Pantai Pandawa yang berada di kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung.

Dari Kota Pontianak (Kalimantan Barat), saya 'terbang' menuju Bandar Udara Internasional Ngurah Rai dengan melakukan transit di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Sesampai di Bali, kedatangan saya sudah ditunggu oleh driver dari pihak hotel. Saat saya booking hotel via online di area Kuta Beach, free antar jemput ke bandara. Sepanjang perjalanan menuju hotel, Mas supir sangat antusias memaparkan apa saja yang dimiliki Bali dan apa saja tempat wisata yang rekomended untuk saya kunjungi.

Singkat cerita, terdengar desiran ombak Pantai Kuta yang bekejar-kejaran saat matahari mulai muncul di ufuk timur. Biru laut dan hamparan pasir menjadi pemandangan dari balkon hotel setiap pagi ketika saya terbangun dari tidur.

Sesegera mandi dan sarapan pagi, kemudian bersiap-siap untuk berwisata ke Pandawa Beach. Kebetulan saya lebih memilih mengendarai sepeda motor. Niatnya mau solo traveling tapi ujung-ujungnya saya sengaja menculik teman saya dari Pontianak yang bekerja di salah satu hotel tidak jauh dari tempat saya menginap.

Mulai menancap gas kendaraan dengan melewati Jalan Nusa Dua – Bandara Ngurah Rai – Benoa Toll Road/Mandara Toll Road. Jarak tempuh dari Jl. Pantai Kuta menuju pantai yang oleh masyarakat lokal disebut pantai Kutuh ini sekitar 21,2 kilometer dengan waktu tempuh ± 43 menit.

Suasana di atas tebing
Berikut adalah peta petunjuk arah untuk menuju ke Pantai Pandawa di desa Kutuh. 


Sesampai di pintu gerbang menuju pantai, wisatawan terlebih dahulu membeli tiket pada petugas. Khusus masyarakat lokal (desa Kutuh) tidak akan dikenakan pungutan apapun.  Harga tiket masuk pantai Pandawa (domestik) per tanggal 30 Maret 2017, sebagai berikut.
  • Domestik – Rp 8.000 / orang. 
  • Parkir mobil, Rp 5.000 / 1 mobil. 
  • Parkir motor, Rp 2.000 / 1 motor.
Setelah melewati pintu gerbang, kita akan disuguhkan dengan pemandangan tebing kapur yang menjulang tinggi di kiri dan kanan jalan yang jaraknya kurang lebih 1,5 km sebelum akhirnya sampai di bibir pantai. Uniknya lagi, sebelah kiri jalan, tebing batu ini sengaja dikeruk dan dibangun patung Dewi Kunti dan Panca Pandawa (Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa) yang tingginya masing-masing 5 meter dengan lebar 2,5 meter, karena itu dinamakan Pantai Pandawa sebagai simbol penguat tentang pantai ini.

Sepanjang jalan disuguhkan dengan pemandangan patung Dewi Kunti dan Panca Pandawa

Sebelum berada di bibir pantai, melihat pemandangan pantai dari atas tebing membuat kita terkesima. Karena pantai Pandawa memiliki pasir putih halus, air yang biru jernih, ombak yang tenang, bebas dari polusi dan pedagang acung. Terlebih lagi, letaknya yang berada di balik perbukitan dengan panjang pantai sekitar 1 kilometer dibatasi oleh tebing kapur. Sehingga banyak wisatawan menilai pantai ini sebagai pantai rahasia atau surga yang tersembunyi.

Ketika saya berkunjung ke sana, pembangunan fasilitas wisata seperti hotel, resort dan sebagainya masih terus dilakukan di sekitar pantai. Sepanjang jalan menuju pantai sudah di aspal, tersedia area parkir yang sangat luas, tempat bilas hingga toilet. Banyak spot menarik dan instagramable untuk berfoto maupun eksis di social media. 

Tersedia makanan Indonesia dan Barat

Ombak yang tenang, membuat Pantai Pandawa sangat keren untuk melakukan aktivitas wisata seperti bermain Kayak dan Kano. Tarif sewa 1 kano akan dikenakan biaya Rp 50.000/jam sudah termasuk jaket pelampung. Satu kano bisa dinaiki 2 orang, jadi untuk traveler atau backpacker bisa patungan 50 50. Selain itu, aktivitas berenang juga sangat aman buat wisatawan. Apabila kita ingin menikmati pesona indah Pantai Pandawa, bisa menyewa kursi untuk berjemur beserta payungnya dengan tarif Rp 50.000 tanpa batas waktu penggunaan.

Tersedia Single Kano atau Double Kano

Ingin mencoba pijak refleksi? Di pantai Pandawa juga menyediakan jasa pijat refleksi dengan tarif mulai Rp 40.000 - Rp 130.000. Di pantai ini juga banyak warung makan yang menjual nasi goreng, mie goreng, hidangan laut bakar dan beberapa jenis makanan barat. Pelayanan pusat informasi sangat baik dan tersedia ambulance yang selalu siap kapan pun untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemandangan dari atas tebing

Sekedar informasi, kawasan pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk sinetron FTV. Hal tersebutlah yang juga menjadi salah satu pemicu terkenalnya Pantai Pandawa Bali. Daya tarik lainnya adalah tempat budidaya rumput laut dan bagian timur pantai menjadi lokasi favorit bagi para peselancar.

Semoga travelmates setelah membaca tulisan ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan terhadap Pantai Pandawa dan sesegera memasukkan pantai ini ke daftar itinerary Anda. Ayo berwisata di negeri sendiri. Saya penulis dan pemilik misterpangalayo.com mengajak teman-teman travel blogger untuk memilih berwisata dalam negeri ketimbang keluar negeri.

3 comments:

  1. Pokoknya kalau sudah bicara Pulau Dewata, pokoknya TOP punya deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada habisnya kan ... timur dikit ada Lombok...

      Delete
  2. Tapi untuk pantai pandawa paling best pokoknya :) air jernih yang hijau kebiruan dengan pasir putihnya sangat jelas dilihat dari satu sudut diatas tebing yang menjadi tempat paling sempurna melihat keseluruhan pemandangan pantai pandawa yang menakjubkan. Hanya saja pemandangan indah itu hanya bisa dinikmati ketika air sedang pasang,sebaliknya ketika air surut pemandangannya jadi biasa saja.

    Selain berfoto tidak ada hal yang spesial di pantai ini. selain pantai, tebing yang menjadi akses pantai pandawa ini sangat unik dan memukau untuk diambil sebagai latar dokumentasi. Untuk aktifitas selain foto, anda dituntut pintar menghabiskan waktu seperti main kano, bermasalasan dipinggir pantai dengan kursi tidurnya, maupun makan di deretan warung yang ada di bibir pantai berbataskan area pejalan kaki.

    Untuk pergi kesana memang lebih tepat dengan menggunakan motor karena jaraknya cuku dekat, cuma 43 menit atau sekitar 21,2 km seperti yang udah ditulisin. Untuk masalah tempat ga dijelasin dimana, tapi referensi bisa jadi tamabahan infosewa motor murah di bali

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.