16 Negara Bebas Visa Untuk WNI di Asia dan Oceania

misterpangalayo.com - Bagi kalian yang sedang merencanakan perjalanan wisata ke luar negeri, maka diperlukan minimal 2 dokumen penting yaitu Paspor dan Visa. Perbedaan paspor dengan visa yaitu paspor dikeluarkan negara asal untuk membuktikan kewarganegaraan seseorang di luar negeri, sedangkan visa merupakan ijin masuk yang dikeluarkan negara lain yang membuktikan orang tersebut memiliki izin berada dalam negara tersebut. Paspor berbentuk sebuah buku berisi beberapa halaman, sedangkan visa berbentuk selembar kertas stiker atau cap.

16 Negara Bebas Visa Untuk WNI di Asia dan Oceania

Kebanyakan travelers menganggap mengurus sebuah visa sangat merepotkan, menghabiskan waktu dan tenaga. Kini, berbahagialah khusus pemegang paspor Indonesia karena bisa berwisata ke 16 negara bebas visa di Asia dan Oceania. Tidak hanya itu, untuk WNA yang ingin berwisata ke Indonesia juga dibebaskan visa dengan total 169 negara sejak berlakunya Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo 02 Maret lalu.

Pemegang paspor Indonesia bisa mengunjungi 58 negara di dunia dengan bebas visa. Yuk, intip 16 negara yang bisa kamu kunjungi untuk kawasan Asia dan Oceania yang pastinya membuat liburanmu semakin menyenangkan.

1. JEPANG

Khusus pemegang E-paspor Indonesia, kamu bisa melakukan perjalanan wisata ke Jepang selama 15 hari setelah pelaporan paspor ke kedubes Jepang. Laporan hanya satu kali selama menggunakan paspor yang sama. Sebelum menginjakkan kaki di negeri Sakura ini, hal yang harus kamu lakukan adalah mengurus pendaftaran paspor kamu di konsulat Jepang terdekat. Paling tidak 3 hari sebelum keberangkatan.

Apabila kamu sudah pernah mengurus bebas visa Jepang dengan E-paspor kamu, maka bisa menggunakan paspor kamu untuk ke Jepang tanpa visa secara bebas selama 3 tahun setelah pendaftaran. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Meskipun Jepang merupakan negara yang terkenal dengan kemajuan teknologinya dan masuk dalam negara paling modern, Jepang tetap melestarikan kebudayaan tradisional yang dimilikinya.



2. HONGKONG

Hongkong terkenal dengan Hong Kong Disneyland dan Ocean Park. Hongkong menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Asia. Banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti menikmati keindahan kota Hongkong dari ketinggian di The Peak dan Sky100 Observation Deck. Selain itu, wisata alam yang bisa dikunjungi seperti Ngong Ping 360 dan Stanley Beach. Jika kamu berminat untuk melakukan perjalanan wisata ke Hongkong, tak perlu khawatir untuk urusan visa. Kamu bisa mengujungi Hongkong selama 30 hari bebas visa.




3. MACAU

Macau terkenal dengan sebutan surganya para penjudi atau Las Vegas-nya Asia. Selain itu, negara ini juga masih mempertahankan peninggalan budaya leluhurnya. Mulai dari arsitektur bangunan sampai dengan kuliner yang masih beredar luas di masyarakat Macau. Wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi adalah kuil A Ma yang dibangun sekitar 1.488 pada era Dinasti Ming. Ada juga Moorish Barrack yang berumur 2 abad, uniknya gaya arsitektur bangunan ini memadukan gaya arsitektur khas India dan Inggris.

Untuk pemegang paspor normal Indonesia, kamu bisa mendapatkan 30 hari bebas visa sebagai turis di Macau. Ketika berada di Macau, tidak ada salahnya kamu mencicipi kuliner andalannya yaitu Portuguese Egg-Tart. Portugese adalah kue tart telur dengan rasanya manis dipadukan dengan karamel. Makanan ini merupakan peninggalan bangsa Portugis sejak dulu.



4. MALDIVES

Maldives adalah destinasi impian para travelers Indonesia. Mendengar nama Maldives, langsung terlintas dipikiran adalah sebuah negara dengan wisata pantai yang menawan, diving yang spektakuler dan banyak resor mewah. Sudah tidak ada lagi yang ingat bahwa Maldives adalah sebuah negara Islam dan tentunya juga punya wisata religi Muslim.

Kamu bisa mendapatkan 30 hari bebas visa sebagai turis di negara kepulauan dengan jumlah 1.200 pulau kecil ini. Meskipun Maldives sering di asosiasikan sebagai tempat yang mahal untuk dikunjungi. Namun, pamor sebagai salah satu tempat wisata paling indah di Bumi masih bertahan.



5. SINGAPORE

Singapore adalah salah satu tujuan wisata favorit keluarga Indonesia. Negara yang bertetangga dengan Pulau Batam ini menawarkan berbagai macam atraksi wisata. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Gardens by the Bay, Resort World Sentosa, Marina Bay Sands, Universal Studio Singapore, hingga pusat perbelanjaan, seperti Orchard Road, Bugis, Little India, dan Kampong Glam. Warga Indonesia bisa bebas berlibur ke Singapura tanpa visa hingga maksimal 30 hari.



6. BRUNEI DARUSSALAM

Negara kecil yang terletak di utara Pulau Kalimantan ini merupakan negara penghasil minyak terbesar di ASEAN (Asia Tenggara). Istana Nurul Iman merupakan istana kenegaraan terbesar di dunia dengan luas bangunan yang mencapai 300 hektar. Selain sebagai istana kenegaraan, tempat ini juga menjadi tempat tinggal Sultan Hassanal Bolkiah.

Beragam destinasi wisata juga bisa ditemukan di negara ini, seperti Blue Water Wreck, Cement Wreck, Australian Wreck, dan Rig Reef. Warga Indonesia bisa berlibur di Brunei tanpa visa selama maksimal 14 hari.



7. MALAYSIA

Malaysia bukan hanya menjadi tujuan warga Indonesia untuk mengadu nasib. Tapi negara Melayu ini juga menyuguhkan pesona wisata yang tidak kalah dengan negara tetangganya. Terutama wisata kuliner yang sudah mendunia di negara ini. Dengan beragam pilihan menu kuliner, mulai dari masakan India, China, hingga masakan Melayu sangat gampang ditemukan.

Terdapat street food yang bisa kamu kunjungi. Bukan cuma Jalan Alor di Kuala Lumpur, Penang juga merupakan surga dari makanan enak. Selain itu, Malaysia juga menjadi negara favorit anak-anak karena keberadaan Legoland di salah satu kotanya. Setiap orang Indonesia bisa berlibur di Malaysia hinggal 30 hari lamanya tanpa visa.



8. KAMBOJA

Kalau kamu memiliki paspor Indonesia, kamu bisa mendapatkan bebas visa untuk ke Kamboja selama 30 hari. Wisata yang terkenal di Kamboja yang bisa kamu kunjungi adalah Angkor Wat, salah satu situs warisan dunia UNESCO. Selain itu, kamu bisa menyusuri sungai Mekong yang masih menjadi rumah dari lumba-lumba air tawar.

Tak kalah dengan Indonesia, negara ini banyak memiliki candi bersejarah dengan lanskap yang sangat cantik. Kamboja bisa menjadi alternatif kamu dan keluarga jika sudah mulai bosan dengan Thailand. Kamu bisa berjalan-jalan menikmati street food di Phnom Penh, ke Siam Reap yang merupakan titik awal sebelum ke Angkor Wat.



9. FILIPINA

Letak geografis Filipina membuatnya menjadi negara kepulauan yang terkenal dengan pantai-pantai berpasir putih. Selain itu, budaya dan sejarahnya yang masih kental membuatnya menjadi tujuan destinasi wisata populer di Asia Tenggara setelah Indonesia. Tahun 2016 lalu, peserta Miss Universe 2016 berlibur ke Filipina. Salah satu pulau di Filipina yaitu Palawan pernah dinobatkan sebagai pulau terbaik dunia menurut Conde Nast Traveler 2014.

Untuk berkunjung ke negara ini, kamu bisa mengunjungi semua tempat wisata yang ada selama 21 hari bebas visa. Sama seperti Indonesia, Filipina juga dikenal sebagai salah satu negara teramah di dunia. Banyak aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan, seperti snorkeling, diving, berjemur, hingga aktivitas yang penuh adrenalin misalnya “zipline” dan berenang bersama whale-shark.



10. THAILAND

Travelers Indonesia menjadikan Thailand sebagai tujuan wisata paling favorit diantara negara-negara di Asia Tenggara. Negara yang dijuluki negeri Gajah Putih ini terkenal sebagai negara penuh budaya dan arsitektur kelas atas. Banyak candi Budha yang tersebar di penjuru negeri menambah pesona pariwisatanya.

Thailand menawarkan wisata dengan budget murah sehingga travelers Indonesia berbondong-bondong melakukan perjalanan wisata ke negara ini. Banyak pantai terbaik dunia ada disini, seperti Phi Phi Island, Phuket, Krabi, Hua Hin, dan Koh Samui. Warga Indonesia bisa bebas berlibur ke Thailand tanpa visa hingga maksimal 30 hari lamanya.



11. VIETNAM

Negara indochina ini memiliki pemandangan alam yang menawan. Berlibur ke Vietnam akan memberikan pengalaman yang mengesankan untuk kamu dan keluarga. Seperti menikmati bebatuan indah di tengah sungai di sepanjang Halong Bay. Masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi di Vietnam. Jika kamu mengunjungi negara ini, bebas visa yang berlaku hanya selama 30 hari bagi Warga Negara Indonesia.



12. LAOS

Setelah bangkit dari keterpurukan ekonomi, Laos mencoba bangkit dengan menjadikan pariwisata sebagai bisnis inti di negaranya. Kini, Laos tumbuh dan berkembang dengan mengemas produk wisatanya. Dahulu Laos dikenal sebagai salah satu negara termiskin dan terlupakan di Asia Tenggara. Jika kamu mengunjungi negara ini, bebas visa yang berlaku hanya selama 30 hari bagi Warga Negara Indonesia.

Aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Laos adalah mengunjungi situs warisan dunia UNESCO di Luang Prabang, menjelajah gua misterius Pak Ou Caves, mengikuti jalan-jalan bersejarah di situs arkeologi Plain of Jars, dan bersantai sore sambil menikmati matahari tenggelam di belahan Sungai Mekong yang ada di Vientiane.



13. MYANMAR

Khusus pemegang paspor Indonesia, kamu bisa bebas melakukan perjalanan wisata bersama keluarga selama 15 hari lamanya. Kamu bisa menikmati keindahan kotanya yang penuh dengan pagoda indah dari atas balon terbang di Bagan, atau memandangi Golden Rock di Gunung Kyaiktiyo yang mencengangkan. Negara yang beribukota di Yangon ini masih menjaga nilai kearifan lokalnya.



14. COOK ISLANDS

Negara yang satu ini memiliki hubungan politik erat dengan Selandia Baru dan masih sangat jarang dikunjungi bahkan masih jarang terdengar di telinga travelers Indonesia. Kepulauan Cook (Cook Islands) terdiri dari 15 pulau yang terletak di selatan Samudera Pasifik dengan luas wilayah 220 km². Ibu kotanya adalah Avarua yang terletak di Rarotonga, pulau terbesar.

Pariwisata menyetir ekonomi pulau ini sebagai industri nomor satu, jauh di atas perbankan, mutiara, kelautan dan ekspor buah-buahan. Jenis seni populer pulau ini adalah tivaivai, serupa dengan quilt. Tidak kalah dengan Maldives dan Indonesia, banyak tempat wisata alam yang perawan untuk dikunjungi. Untuk pemegang paspor normal Indonesia, kamu bisa mendapatkan 31 hari bebas visa sebagai turis di Cook Islands.



15. SAMOA

Untuk Warga Negara Indonesia yang senang berselancar, maka Samoa bisa menjadi pilihan tepat liburan kamu dan keluarga. Samoa memiliki kualitas ombak terbaik dunia dan kamu bebas berselancar dengan gulungan ombak-ombak yang cantik dari berbagai arah. Tak usah khawatir soal visa, karena pemegang paspor Indonesia bebas visa selama 30 hari lamanya. Kamu bisa berlibur di negeri ini dengan mengunjungi beberapa tempat, seperti A’ufaga, Salani, Boulders, Coconuts, Salamumu, Tiavea, Laulii, Falea’puna, Fagaloa Bay dan Solosolo.



16. MICRONESIA

Micronesia juga terkenal dengan pantai pasir putihnya yang sangat mempesona. Kalau kamu belum pernah kesini, silahkan masukkan negara ini ke dalam daftar liburanmu. Negara yang berada di Samudera Pasifik ini terkenal sebagai tempat diving yang sangat cantik. Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke Micronesia, kamu dapat bebas berkunjung tanpa visa selama 30 hari. Segeralah berwisata ke negara ini, karena Micronesia masuk dalam daftar negara yang terancam tenggelam karena dampak dari pemanasan global.


*Disclaimer: Sumber Gambar @TripZilla

2 komentar:

  1. Kalau impian ane mengunjungi Negara Iceania udah pasti Samoa dan Fiji. Walaupun bebas visa tetep aja berat mau traveling kesana, karna belum ada penerbangan langsung kesana. Untuk Traveler Indonesia, kita mesti transit dari Australia atau dari Hongkong. Lah sekali ane kalkulasikan HANYA UNTUK ongkos aja udah habis 22,5juta, belum jajan dan penginapan dll selama liburan. Kalau ada penerbangan langsung dri Indonesia tentunya gk semahal itu kan... Tunggu ada penerbangan langsung aja lah hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga kedepannya ada kabar baik buat travelers Indonesia mas.

      Padahal kawasan Pasifik surganya dunia

      Hapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.