Balikpapan Kota Inspirasi, Ada 'Udang' di Baliknya

misterpangalayo.com - Dalam banyak kasus, kesuksesan sebuah kota akan bersifat finansial melalui pariwisata dan bisnis. Secara budaya, melalui kegiatan dan program sosialnya. Serta popularitas sebuah kota, melalui kualitas kenyamanan orang-orang yang berada di dalamnya dan membayar pajaknya. Salah satu kota yang popular dan menonjol di Indonesia adalah Balikpapan.

Photo by @hrysign
Balikpapan (Logat Banjar: Balikkappan) merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang berstatus sebagai kota. Kota Minyak ini memiliki luas 508,39 kilometer persegi, dengan penduduk berjumlah 736.807 jiwa yang merupakan 22 % dari total penduduk Kalimantan Timur. Kota ini terletak di pesisir bagian timur Pulau Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar. Geografi wilayah ini terdiri dari 85% berbukit-bukit, 12% berupa daerah datar yang sempit dan sisanya pesisir pantai.

Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Kota ini juga pernah dinominasikan menjadi kota yang paling dicintai dunia versi WWF lewat program We Love Cities di tahun 2015 lalu. Prestasi yang dimilikinya tidak sampai disitu, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) menunjuk Balikpapan menjadi kota dengan kualitas kenyamanan tertinggi di Indonesia setelah mengalahkan 6 kota lainnya yaitu Solo, Malang, Yogyakarta, Makasar, Palembang, dan Bandung.

Kota dengan indeks kenyamanan terbaik sangat ideal menjadi tujuan kota untuk tempat tinggal. Terlebih lagi, Kota Jakarta sebagai ibu kota negara sudah tidak bisa menampung warganya, banjir dan kemacetan panjang yang selalu menjadi permasalah. Sehingga, banyak orang berpikir untuk pindah.

Bagaimana Balikpapan memberikan inspirasi dalam membangun kota penuh prestasi ?


Secara keseluruhan, Balikpapan menjelma menjadi Kota Inspirasi dimana masyarakatnya percaya bahwa kota ini selalu memiliki sesuatu yang baru untuk dilakukan. Inspirasi didefinisikan sebagai apakah kota terasa seperti tempat yang menyenangkan dan nyaman untuk beraktivitas atau lebih betah berlama untuk ditinggali. 

Dengan sistem pengairan yang baik, Balikpapan mampu mengatasi permasalahan banjir yang kerap melandanya. Begitu juga dengan sistem lalu lintasnya, sangat teratur dan bebas dari kemacetan sehingga tidak kalah dengan di luar negeri. Di setiap sudut jalan protokol kota banyak terpasang kamera CCTV untuk memantau aktivitas lalu lintas kota. Tak heran, Balikpapan mendapatkan penghargaan sebagai kota paling tertib se-Indonesia.

Dari kiri atas searah jarum jam: Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Sport and Convention Center, Taman Bekapai, Kawasan Kilang Minyak Pertamina, Jalan Jenderal Sudirman.

Untuk menunjang aktivitas kota dengan kualitas kenyamanan terbaik, Balikpapan mengakomodasi berbagai fasilitas yang tidak kalah dengan kota-kota metrolitan yang ada di Indonesia. Salah satu bandara terbaik di Indonesia dan dunia ada di kota ini. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (IATA: BPN, ICAO: WALL) merupakan bandara pertama di Kalimantan yang berstatus internasional.

Walaupun jumlah penduduk Balikpapan tidak mencapai satu jiwa, berbagai pusat perbelanjaan seperti E-Walk Balikpapan Superblock, perkantoran dan apartemen serta beberapa pusat bisnis lainnya sengaja dibangun di tempat ini. Blitz Megaplex dan XXI juga hadir memanjakan para pecinta film dalam dan luar negeri. Selain itu, restoran bertaraf nasional dan internasional juga menjamur seperti KFC, Mc Donald, A&W, J.CO Donuts, Starbucks, dan masih banyak lainnya.

Standar penentuan kehidupan yang layak di kota ini didukung penuh dengan fasilitas kesehatan yang lengkap, mulai dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Rumah Sakit Pertamina, dan Rumah Sakit Siloam yang sudah bertaraf internasional. Fasilitas pendukung lainnya seperti taman kota juga dinilai sangat memanjakan warganya.

Jika melihat posisi Balikpapan yang berada di Pulau Kalimantan, Hutan Kota sengaja dibangun pemerintah daerah untuk menjadi roh-nya Balikpapan dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Dimana Pulau Kalimantan adalah paru-paru dunia, namun Balikpapan berhasil mengubah lahan hutan menjadi daerah perkotaan tanpa merusak ekosistem.

Fasilitas rumah ibadah bagi keenam agama yang diakui di Indonesia juga bisa ditemukan dikota ini. Fasilitas pendidikan kategori perguruan tinggi sangat lengkap di Balikpapan, mulai dari akademi, sekolah tinggi, politeknik, institut hingga universitas. Kota ini juga memiliki daerah wisata yang cukup banyak dan beragam sehingga berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di Balikpapan.

Terbebas dari kemacetan dan polusi udara, kota ini juga bebas dari sampah. Balikpapan menyandang sebagai kota terbersih se-Asean dalam tiga kategori, clean water, clean land dan clean air. Prestasi lainnya untuk tingkat nasional adalah mendapatkan penghargaan Adipura sebanyak 17 kali. Balikpapan juga menyandang sebagai Kota Cerdas dengan pengelolaan sistem kerja pemerintahan yang baik berdasarkan pada sistem aplikasinya.

Kesejahteraan rakyat kecil juga diprioritaskan oleh pemerintah kota di sektor perdagangan. Toko modern seperti minimarket dari luar kota tidak diizikan beroperasi untuk mempertahankan eksistensi pengusaha lokal. Selain itu, pemerintah kota juga mengatur jarak dan jam operasional setiap minimarket sehingga pengusaha lokal dapat bersaing di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Dari uraian diatas, Balikpapan membuktikan kelayakannya menjadi kota yang paling nyaman dihuni dari berbagai aspek. Adanya kawasan perkantoran di kota ini membuka lapangan pekerjaan, sarana transportasi dan fasilitas kota sangat lengkap dan memadai, serta jauh dari yang namanya kemacetan dan dampak polusi udara. Balikpapan Kota Inspirasi yang banyak menginspirasi kota-kota lain di Indonesia sehingga Balikpapan menjadi proyek percontohan terencana.

#Astra60Balikpapan

PT. Astra International Tbk melalui SATU Indonesia Berbagi bersama penerima SATU Indonesia Awards telah mengadakan kompetisi blog untuk para blogger yang berdomisili di Balikpapan dan sekitarnya dalam membuat karya-karya yang tak hanya menarik namun juga inspiratif sehingga mampu menginspirasi pembaca untuk terus melakukan yang terbaik bagi Indonesia. Untuk blogger yang mempunyai keterampilan menulis dan ingin mengikuti kompetisi ini, silahkan klik disini untuk informasi lebih detailnya.

Inspirasi 60 Tahun Astra di Indonesia dibuktikan dengan kontribusi nyata melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Setelah enam dekade berkiprah, Astra telah banyak melakukan kontribusi sosial dengan pendekatan yang terintegrasi dari empat pilar program corporate social responsibility (CSR), yaitu: Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Pada tahun 2015 lalu, Balikpapan menjadi salah satu kota yang dipercaya untuk menapakkan jejak kontribusi sosial Astra dibidang lingkungan dengan menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama Astra Green Lifestyle (AGS). Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra yang ingin menjadi perusahaan nasional yang dikenal memiliki produk dan jasa yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar domestik, regional, dan global serta kehadirannya dapat memberikan manfaat.
Sumber Gambar : satu-indonesia.com

Astra Green Lifestyle ini merupakan acara yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun dan sebagai bentuk kegiatan peduli lingkungan yang mengolaborasikan antara fun run dengan kampanye lingkungan hidup, di mana peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan diberikan satu pohon yang mewakili dirinya dimana nantinya akan ditanam oleh grup Astra.

Melalui Semangat #Astra60Balikpapan, besar harapan masyarakat Indonesia terutama blogger dapat menggambarkan kontribusi nyata Astra dalam perjuangannya demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara melalui BLOG COMPETITION "Bagaimana Balikpapan memberikan inspirasi dalam membangun kota penuh prestasi". 



*Disclaimer: Tulisan ini dikutsertakan dalam BLOG COMPETITION "Bagaimana Balikpapan memberikan inspirasi dalam membangun kota penuh prestasi" dalam rangka memperingati HUT ke-60 Astra.

Sumber Data Statistik : balikpapankota.bps.go.id

28 komentar:

  1. ingat balikpapan, ingat kepiting yang lezat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah pernh ke balikpapan berapa kali mas... Seru pasti... banyak tmpt wisata juga dsini

      Hapus
  2. Dari Balikpapan untuk Indonesia, yeaaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Agus....

      Sesuai dg visi Walikota, membuat kota Balikpapan menjadi kota yang nyaman untuk dihuni

      Hapus
  3. Wah ternyata lebih indah dari yg dibayangkan, explore terus bang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balikpapan keren pokoknya dek. Apapun ada disini.. Ayo sini main ke Balikpapan

      Hapus
  4. setelah liat artikel ini, baru tau kalau balik itu kota minyak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. balik apa mas? haha

      iya Kota Balikpapan juga dikenal dengan sebutan Kota Minyak

      Hapus
  5. keren ya kota balikpapan, banyak prestasinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Teguh.

      Kota Balikpapan walau bukan sebgai ibukota provinsi tp kota ini lebih maju dan bisa menyaingi kota2 besar lain yang ada di Jawa

      Hapus
  6. Balasan
    1. Yuk pindah sini. Selain kota yang nyaman buat ditinggali. KOta ini juga terkenal dengan sebutan KOTA BERIMAN...

      cocok buat Ve yang ingin hidup tenang dan damai :)

      Hapus
  7. Kapan ya bisa jalan-jalan ke balik papan, pengen deh menikmati keindahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rek ayo rek.. ngtrip sekali2 ke balikpapan..

      Nanti tak tguin yo

      Hapus
  8. Setelah aku membaca artikel ini ,aku jadi baper ,penasaran dengan kota balik papan sebagai kota penghasil minyak . Apa lagi walikota ya menjadikan kota yang nyaman untuk di huni.jadi pengen ngetrip di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simpan rasa Baper mu untuk jelajah Balikpapan dari berbagai sisi mas...

      Yukkkkk main ke Balikpapan

      Hapus
  9. Wuih aku jd penasaran juga nih Om tentang Kota Balikpapan. Kota yg banyak tempat yg harus di kunjungin nih. Kapan aku di ajak ke Kalimantan Om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan maunya, ayoo sini.. nanti jelajah Balikpapan barengan

      Hapus
  10. Balikpapan adalah regionalnya kalimantan, jadi ketuanya Kalimantan ya Balikpapan. Kota terbesar di kalimantan

    BalasHapus
  11. penasaraan juga dg kota balikpapan, jadi mau deh main ke sana

    BalasHapus
  12. Hihi ingat Balikpapan, ingat kali pertama perjalanan naik pesawat. Ingat pula dengan penulisan buku Pengetahuan Tradisional Dayak Benuaq di Tanjung Isuy pada tahun 2012 lalu. Dari kota inilah, inspirasi dimulai.

    Terima Kasih Balikpapan, Terima Kasih Kota Inspirasi.

    BalasHapus
  13. Kota Balikpapa banyak perkembangan pesat yah semoga produk UKM nya bisa mendunia

    BalasHapus
  14. Balik papan mantap semakin berkembamg dan maju dari berbagai aspek

    BalasHapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.