Tak Hilang Melayu di Bumi, Kota Pontianak Sukses Menggelar Festival Arakan Pengantin

misterpangalayo.com - Kota Pontianak sukses menggelar Festival Arakan Pengantin Melayu Pontianak dalam rangka memperingati Hut Kota Pontianak ke-245 yang berlangsung di Jalan Ahmad Yani , Minggu (09/10/2016) pagi. Festival Arakan Pengantin diikuti 9 kontingen dari 6 kecamatan yang ada di Kota Pontianak, Bank Kalbar, Sanggar Kembang Serumpun dan SMAN 5 Pontianak.

Festival Arakan Pengantin Melayu Pontianak digelar setiap tahun, dikemas dalam menyemarakkan agenda kegiatan Pontianak October Festival. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Kota Pontianak dan Pontianak Post.

Kontingen Kec. Pontianak Barat || Sumber Gambar: instagram/kec.ptk.brt

Dilepas secara resmi oleh Sutarmidji selaku Wali Kota Pontianak dan Edi Rusdi Kamtono selaku Wakil Wali Kota Pontianak di halaman Museum Negeri Provinsi Kalbar. Kesembilan kontingen yang berpartisipasi ikut mengenakan pakaian khas adat Melayu yaitu Telok Belanga untuk pria dan Baju Kurung untuk wanita.

Rute kegiatan dimulai dari halaman Museum Negeri Provinsi Kalimantan Barat, melewati Jalan Ahmad Yani dan berakhir di Masjid Raya Mujadin. Bunyi tahar, rebana dan tanjidor saling bersahutan sepanjang arakan pengantin. Pokok Telok, Pokok Pacar dan Barang Antaran membuat arakan semakin semarak ditambah antusiasme para penonton yang memadati area Jalan Ahmad Yani.

Tak Hilang Melayu di Bumi, seakan menjadi alasan Pemerintah Kota Pontianak untuk mempertahankan dan melestarikan akar budaya terutama adat istiadat dan tradisi masyarakat Melayu Pontianak. Kegiatan ini juga sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata budaya dan pastinya akan menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pontianak.
Sumber Gambar : instagram.com/furqanpun

Tak Hilang Melayu di Bumi, Kota Pontianak Sukses Menggelar Festival Arakan Pengantin


Berikut adalah pemenang Festival Arakan Pengantin Melayu Pontianak Tahun 2016, antara lain:

Juara 1 : Kecamatan Pontianak Timur
Juara 2 : Kecamatan Pontianak Selatan
Juara 3 : Kecamatan Pontianak Barat

Kecamatan Pontianak Timur untuk kedua kalinya merebut posisi pertama dalam festival ini, setelah 2015 lalu. Selain itu, ada kategori Pengantin favorit yang direbut oleh Kecamatan Pontianak Selatan dan kategori Barang Antaran favorit disandang oleh Kecamatan Pontianak Timur.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan ini juga disisipkan kegiatan nikah massal bagi pasangan calon pengantin dari kalangan masyarakat tidak mampu. Sebanyak 18 pasangan pengantin yang dinikahkan secara massal di Masjid Raya Mujahidin. Sesuai dengan tema Hari Jadi Kota Pontianak ke-245 "Bikin Pontianak Bangge", terealisasikan dalam event ini karena hal ini berpotensi dijadikan contoh oleh daerah-daerah lain untuk selain menyemarakkan hari jadi daerahnya tetapi juga memperkenalkan dan melestarikan warisan budayanya. Kota Pontianak sudah sepantasnya bangga untuk menjadi Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia.

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.