HARI BLOGGER NASIONAL 2016: Alasan Saya Menjadi Blogger

misterpangalayo.com - Jika Anda pernah mendengar kata "Blog atau Blogger" dan Anda ingin tahu "Mengapa Blog ? Haruskah memulai Blog ?". Nah, Anda telah datang ke tempat yang sangat tepat. Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengapa saya menjadi seorang blogger.

Di Indonesia, para blogger merayakan Hari Blogger Nasional setiap tanggal 27 Oktober, alhasil hastag #HariBloggerNasional selalu menjadi trending topic. Blog menjadi salah satu media bagi siapa saja untuk berbagi informasi secara terbuka, para pengguna blog dinamakan Blogger.


Dewasa ini, blogger Indonesia masih dianggap sebagian orang sebagai kegiatan untuk menyalurkan hobi menulisnya. Tidak banyak orang yang percaya Blogger itu sebuah profesi, tidak sedikit blogger membuat hidupnya berkecukupan bahkan menjadi kaya dan terkenal.

Sekitar 172.800 blog dibuat setiap harinya sehingga banyak blog bermunculan. Berangkat dari itu, Anda harus memulai sebuah blog dan berikut saya akan menjelaskan beberapa alasan saya memilih menjadi seorang blogger.

Berikut adalah 22 alasan kuat Mengapa Saya Memulai Sebuah Blog


  • Blog membantu saya memulai hal-hal baru

Blogging adalah tentang berbagi apa yang saya lihat atau yang ingin saya tulis. Ini tentang mengajar atau berbagi apa yang saya ketahui dan apa yang saya pelajari. Ketika saya memulai sebuah blog, saya akan menemukan jati diri dengan selalu belajar hal-hal baru tentang bidang yang saya minati sehingga saya bisa berbagi tanpa kekurangan ide tulisan.

Analoginya seperti ini: ketika saya hendak mencuci pakaian, tujuan saya adalah untuk membersihkan pakaian, bukan membersihkan tangan saya, tapi tangan saya akan secara otomatis bersih pertama kali ketika saya membersihkan pakaian dengan tangan saya.

  • Blog membuat saya berpikir lebih jernih

Kemampuan untuk berpikir jernih dan menghasilkan ide-ide adalah salah satu keterampilan yang paling penting dalam hidup, hal ini tentu tidak bisa saya temukan di sekolah. Blogging mengisi kekosongan itu, membantu pertumbuhan berpikir saya secara eksponensial.

Saya akan belajar untuk merenungkan secara mendalam pada kehidupan saya, hubungan saya dan masyarakat sekitar saya dengan terlibat dengan orang lain secara intelektual, menghargai kekuatan dalam berargumen, menghargai perbedaan pendapat, mengapa dan bagaimana, berhubungan dan perbedaan antara alasan dan pembenaran, dan sebagainya.

  • Blog membantu saya menulis lebih baik

Banyak hal telah meningkatkan kemampuan menulis saya selama bertahun-tahun: kontes esai, penyadapan dari mentor, membaca buku, dan lain-lain. Tapi tidak satupun dari mereka yang menantang saya begitu konsisten sebagai blogger.

Berikut ini alasannya: penguasaan dalam menulis harus dilengkapi dengan praktek yang terus menerus. Stephen King pernah membahas bagaimana setelah dia tidak menulis selama beberapa minggu karena kecelakaan, dan bagaimana ketika ia mulai menulis lagi, kata-katanya tidak mengalir dengan baik.

Itulah cara inkonsistensi melemahkan gaya penulisan dan itulah mengapa blogging yang membuat saya menulis secara teratur akan membantu saya menulis lebih baik lagi.


  • Blog membangun rasa percaya diri saya

Sebelum mengenal blog, saya adalah seorang yang sedikit pemalu. Namun setelah terjun ke dunia blogging, membantu saya belajar untuk menyuarakan pendapat, berani salah dan berhenti menjadi begitu takut untuk membuat kesalahan. Dengan blogging, saya belajar untuk mengenali dan membangun kekuatan saya dan juga mengakui dan memperbaiki kelemahan saya dalam menulis. Dengan percakapan atau kritikan yang terjadi di blog saya, saya belajar untuk mendengar pujian tanpa terbawa dan mengambil kritik tanpa kehilangan harga diri saya.

  • Blog menambah penghasilan saya

Mendapatkan pendapatan yang layak dari blog adalah dicapai setelah saya menciptakan nilai dengan mencari pembaca blog yang konsisten dan placement blogspot. Banyak blog besar membuat jutaan rupiah setiap bulannya.

Dan saya? saya bukan seorang jutawan tapi saya sudah menghasilkan jutaan rupiah dari blogging selama bertahun-tahun. Dan saya sudah melakukan itu sementara memiliki cukup waktu untuk fokus ke kesibukan saya lainnya.


  • Blog membantu saya untuk sebuah tujuan yang baik

Apakah itu membantu korban gempa bumi atau banjir bandang, membantu pendidikan anak-anak yatim atau membangun sekolah untuk masyarakat miskin, dengan blogging dapat membantu saya mengulurkan tangan untuk membantu permasalah tersebut dengan sounding ke masyarakat umum lewat sebuah tulisan di blog atau mungkin juga ada beberapa blogger membuka kursus online dan mereka berjanji persentase dari pendapatan untuk amal.

  • Blog tidak membutuhkan pengetahuan sebelumnya

Banyak tutorial blogging di internet sehingga saya dapat memiliki sebuah blog yang baik. Saya tidak perlu kursus untuk belajar tentang HTML atau hal-hal teknis lainnya. Semua yang saya lakukan adalah pilihan klik yang saya inginkan dan mempelajarinya di internet secara otodidak.

  • Blog membuat saya tertantang

Kita semua perlu melakukan sesuatu yang menantang di beberapa titik dalam hidup. Sangat mudah untuk meluncur ke zona nyaman kita dan berhenti tumbuh. Tidak dengan blogging meskipun memulai sebuah blog adalah mudah, mengelola dan merawatnya itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Menaikkan DA dan PA misalnya atau mengisi konten sebuah blog dengan ide-ide yang menarik, berinteraksi dengan pembaca dan membangun komunitas di sekitar blog adalah tantangan yang sangat mengagumkan dan memaksa saya untuk terus belajar dan berkembang.

  • Membangun sebuah blog tidak memerlukan biaya

Siapapun dapat memulai sebuah blog gratis seperti membuat blog di blogger dan wordpress. Ketika saya ingin lebih banyak kebebasan dengan blog saya, saya bisa self-host dan harga sangat terjangkau bagi hampir semua orang.


  • Blog membantu saya mempunyai fans

Ketika saya memulai sebuah blog, saya memulai menciptakan nilai dan menarik pengunjung untuk membaca blog saya. Apalagi saya beberapa memenangkan kontes menulis ataupun kontes seo. Akibatnya, teman-teman mulai meminta saya untuk mengajar mereka bagaimana membangun sebuah blog dan menulis. Saya akan menjelaskan hal yang sama kepada orang yang berbeda pada waktu yang berbeda, setiap hari.

  • Blog memungkinkan saya membantu orang lain

Saya ingin menginspirasi anak muda untuk menemukan dan menggali potensi mereka yang sebenarnya. Saya ingin menyebarkan sesuatu yang positif lewat blog. Saya berharap orang akan membuat pilihan yang lebih baik dalam hidupnya dan saya bisa membantu mereka mencapai hal itu.

Orang-orang biasanya di mana-mana lebih memilih sendiri untuk melakukan hal-hal yang luar biasa dalam kehidupan orang lain melalui blog. Anda dapat melakukannya juga, dan sekarang adalah waktu terbaik untuk memulainya.

  • Blog bisa membantu saya mempengaruhi kebijakan publik

Berikut contoh kasusnya, seorang blogger menulis tentang kondisi pendidikan di pedalaman Kalimantan yang jauh dari kata layak. Menarik pembaca untuk men-share tulisan kita dan sampai ke tangan yang berwajib sehingga mereka pun segera melakukan kebijakan untuk meningkatkan kondisi sekolah tersebut. Berapapun usia Anda, anda bisa melakukannya.

  • Blog membuat saya lebih disiplin

Menulis secara berkala memang sebuah tantangan, namun dalam dunia blogging harus menuntut saya untuk melakukan hal seperti itu, dengan begitu blogging membantu saya menumbuhkan rasa disiplin. Blog membuat saya memiliki insentif untuk muncul, menulis dan mempublikasikan tulisan. Saya bersyukur untuk itu karena membuat saya merasa lebih baik saya. 



  • Blog dapat mempromosikan seni atau hobi

Apakah Anda sedang menulis, membuat manik-manik, menggambar, melukis atau menyanyi, atau online shop. Sebuah blog dapat membantu Anda mempromosikannya.

  • Blog membantu saya tetap berhubungan dengan teman-teman yang jauh dan keluarga

Salah satu masalah yang paling penting setiap orang harus memiliki dalam hidup adalah keluarga dan teman-teman. Anggota keluarga yang selalu mencintai saya dan teman sejati yang selalu siap untuk membantu atau mendukung impian saya.

Tapi terkadang orang terkasih tidak ada disekitar kita dikarena kita harus keluar kota karena urusan pekerjaan atau pendidikan. Memiliki sebuah blog di mana saya bisa mendokumentasikan rutinitas hidup saya, ide-ide dan perjuangan (dan mungkin bahkan menerima komentar) adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman yang mungkin ribuan kilometer jauhnya.

  • Blog meningkatkan kreativitas saya

Blogging mendorong saya untuk menjadi lebih berakal, membayangkan dan mencoba untuk membuat hal-hal yang indah yang ingin saya lihat di dunia.

  • Blog membantu saya membuat pilihan yang lebih baik

Banyak hal terjadi dalam hidup saya, hubungan dan lingkungan setiap hari. Saya membaca, melihat, merasakan dan mendengar banyak hal setiap hari. Saya tidak akan dapat inspirasi untuk konten blog saya dari hal itu. Itu berarti saya akan mengembangkan kepekaan mata untuk hal-hal yang lebih berarti.

Dengan selektif blogging hanya pada hal-hal yang paling penting bagi saya dan pembaca blog, saya akan meningkatkan filter saya dan menjadi lebih terampil membuat pilihan yang lebih baik dalam hidup saya.

  • Blog membuat saya bahagia

Sejak saya memulai blogging, telah membantu saya menjadi lebih murah hati dengan pengetahuan saya. Ada kebahagiaan yang luar biasa, saya merasa dengan setiap komentar positif, email, tweet dan berbagi Facebook telah saya dapatkan dari pembaca. Artinya tulisan yang saya posting sangat bermanfaat dan menarik.

  • Blog memberi saya arti kebebasan

Blogging memberikan saya kebebasan untuk menulis dari mana saja, kapan saja dan pada hal-hal yang sebenarnya saya gemari. Hal ini dapat memberikan kebebasan saya memilih waktu dan akhirnya memiliki waktu yang cukup untuk aktivitas saya lainnya dan hobi saya.

  • Blog membantu saya memperoleh keterampilan baru yang berharga

Ketika saya mulai blogging, saya tidak tahu apa-apa tentang nama domain, hosting server, HTML, media sosial, membangun link, SEO, desain blog, dan lain-lain. Dengan memulai blog, secara naluriah mulai belajar tentang hal-hal tersebut lebih lagi dan lagi.

  • Blog membangun jaringan saya

Blogging membantu saya terhubung dengan teman-teman dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Berkat blogging, saya datang untuk berteman dengan orang yang saya kagumi, orang orang lain menganggap sebagai "guru," influencer dan jenius.

Sekali lagi, saya sudah bertemu dan berteman dengan banyak orang biasa membuat dampak yang luar biasa. Banyak dari mereka telah membantu saya tumbuh dan mungkin satu atau dua dari mereka sudah mendapat beberapa manfaat dari saya.

  • Blog membantu saya hidup selamanya

Anda pernah mendengar itu sebelumnya ?, menulis dapat membuat saya hidup selama berabad-abad setelah kematian saya. Tapi itu benar hanya jika saya mempublikasikan kata-kata saya ke seluruh dunia. Saya tidak akan hidup lama setelah kematian saya jika saya tidak menulis sama sekali. Sebuah blog dapat membantu saya membangun sebuah warisan yang akan hidup lebih lama.

Selamat Hari Blogger Nasional 2016. Teruslah menulis maka namamu akan selalu terpampang jangan hanya tulisan diukiran batu nisan saja yang terkenang. Blogger ibarat vitamin yang bisa menjadikan Indonesia semakin mendunia.







4 comments:

  1. selamat hari logger.. #salambloggerkalteng

    ReplyDelete
  2. Kalau aku, aku ngeblog karena hobi membaca dan menulis, berbagi ilmu dari hobiku, dan sebagai mata pencaharian

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.