PULAU SELIMPAI: Destinasi Wisata Pulau Terbaik Di Sambas

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas

misterpangalayo.com - Destinasi Wisata Pulau Terbaik Di Sambas. Salah satu andalan wisata alam di Kalimantan Barat adalah wisata pulau, banyak pulau wisata yang bertebaran sepanjang pantai di pesisir Kalimantan Barat, seperti Pulau Sawi di Kabupaten Ketapang, Pulau Randayan di Kabupaten Bengkayang, Pulau Temajo di Kabupaten Mempawah, dan masih banyak tempat lainnya yang dapat kita temui di Bumi Borneo bagian barat ini.

Namun dari berbagai destinasi wisata pulau wisata yang ada, timbul pertanyaan yang kerap ditanya oleh calon wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata. "Wisata pulau apa yang paling bagus di Kalimantan Barat ?" Sebenarnya kata 'paling bagus' menandakan yang terbaik dan paling sempurna keindahannya. Akan tetapi, setiap penilaian masing-masing orang akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung dari sudut pandang mana orang tersebut menilai.

Disini saya akan memberikan gambaran ringan terkait destinasi wisata pulau terbaik di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas berdasarkan keunikan dan kelebihan yang dimilikinya. Pulau tersebut sering kita dengar dengan sebutan Pulau Selimpai, secara administratif pulau ini berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Pulau Selimpai menjadi alternatif buat Anda dan keluarga Anda apabila berkeinginan menghabiskan liburan di sebuah pulau yang mungil dan cantik, jauh dari polusi udara, sejuk, memiliki pasir putih nan elok, rindangnya hutan pinus, keindahan Laut Natuna, sungai yang indah, hingga kita juga dapat menikmati sunset. Dari kejauhan Anda akan dimanjakan dengan penampakan area Tanjung Datuk / Tanjung Datoe' yang berbatasan langsung dengan Negara Sarawak (Malaysia). Keunikan lainnya yang membuat Anda terpukau adalah keberadaan hutan pinus yang menjulang tinggi berderet dengan rapi di sepanjang bibir pantai, seakan-akan pepohonan ini ditata secara sengaja.

Pulau ini terpisah dari daratan Kabupaten Sambas, sebelah barat hingga selatan berbatasan langsung dengan Laut Natuna sedangkan sebelah utara berbatasan langsung dengan Sungai Merbau. Antara sisi di bibir sungai dan garis laut hanya selebar lapangan bola. Bila kita berdiri di sebelah sungai, akan terlihat ombak Laut Natuna yang saling berkejaran. Hembusan anginnya sedang. Paling kencang tinggi ombak mencapai tiga sampai empat meter.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas
Pantai Selimpai - Paloh

Berikut gambaran singkat Wisata Pulau Selimpai yang sayang kalau Anda lewatkan, seperti dikutip dari uoase.wordpress.com, Sabtu (09/01/2016).

Lokasi

Mengenai lokasi Pulau Selimpai, Anda bisa menemukannya di Desa Sebubus Kec. Paloh Kabupaten Sambas ( kurang lebih 7 km dari ibukota kecamatan dan 45 km utara kota Sambas ). Pantai ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam ( Sambas – Paloh ), kemudian menyebrangi sungai Paloh menggunakan Spead boat atau Perahu Motor sekitar 30 menit. Bentuk pulau ini memanjang menjorok ke arah laut, antara sisi garis laut dan bibir sungai jaraknya hanya selebar lapangan besar. Keunikan akan anda temukan pada bagian ini, anda akan melihat bibir pantai yang menghadap ke sungai, dan bibir pantai yang menghadap ke laut dan bagian lainnya. Bila kita berada di dekat area tersebut, pasti akan terlihat ombak natuna yang saling bergulung-gulung.



Kondisi Lingkungan

Pasir putih yang landai dan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Selimpai, Paloh.  Pasirnya yang bersih tak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Selain itu keberadaan hutan Pinus di lahan selimpai membuat suasana di pulau mini ini berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Sambas. Pohon berkayu yang menjulang tinggi tersebut tertata rapi seakan ada yang sengaja menatanya sedemikian rupa padahal semua itu terjadi secara alami. Perpaduan pohon cemara dan rumput hijau (tingginya semata kaki) merupakan panorama yang menambah sejuk pemandangan.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas



Tempat Penyu Bertelur

Satu hal yang membuat eksotis Pantai Selimpai adalah pantai ini merupakan tempat persinggahan penyu. Dalam setahun sekurangnya lima kali satwa langka dilindungi ini mampir ke pulau orang bunian tersebut untuk bertelur. Berdasarkan catatan Satgas Pantai Selimpai dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Paloh, ada empat jenis penyu yang mampir ke pantai ini.
  1. Penyu hijau
  2. Penyu sisik
  3. Penyu lekang
  4. Penyu belimbing (hanya sesekali pindah)
Saat ini di dunia terdapat tujuh jenis penyu, enam diantaranya ada di Indonesaia. Yaitu: penyu sisik (Eretmochelys imbricate), penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), penyu belimbing (Dermocelys coriaceae), penyu hijau(Chelonia mydas), penyu tempayan (Caretta carretta), dan penyu pipih (Natator depresus). Untuk penyu dari jenis Lepidochelys kempi hidup di laut atlantik, khususnya pantai Amerika dan Meksiko.

Hewan yang masuk dalam kategori satwa langka ini, naik ke pantai untuk bertelur pada malam hari. Karenanya kalau pengunjung tidak bermalam di Selimpai, jangan mengimpikan untuk bertemu dengan penyu. Makanya agar pengunjung dapat melihat penyu, pokdarwis berinisiatif membangun tempat penangkaran di Selimpai. Sehingga demikian, setiap tamu yang datang bisa menyaksikan mana yang namanya tukik (anak penyu), penyu hijau, sisik, dan lekang.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas
WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas



Fasilitas Pendukung

Pendopo : memiliki satu pendopo yang cukup besar untuk menapung sekitar 20 orang. terletak di tengah2 pantai.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas



Sumber Air

Sumber air selalu menjadi masalah penting di daerah pulau, begitu di sini. Sumber air bersih (tawar) tidak ada. Sumber airnya hanya berupa sumur galian. Rasa airnya payau. Jadi disarankan untuk membawa air sebanyak-banyaknya biar tidak dehidrasi, kalau ada rencana bermalam.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas

Sarana MCK sudah ada, namun tidak terawat. Jika dalam keadaan darurat lebih baik cari tempat lain saja yang aman dan tenang. Mudahan2 aja ini sudah diperbaiki.



Tempat Penangkaran Penyu

Di Pantai Selimpai, juga dapat ditemui tempat penangkaran penyu, namun ketika kami sampai di sana (tahun 2006), tempat itu sepertinya sudah lama ditinggalkan (hanya tinggal puing-puing). Apakah lagi gak ada bibit atau sudah tidak beroperasi lagi.
  • Alamat/Lokasi: Desa Sebubus, Kecamatan Paloh
  • Luas : 200 ha
  • Status Kepemilikan : Tanah Negara
  • Nama Pengelola: Balai KSDA
  • Jarak dari Pusat Kota/Waktu Tempuh : 7 km dari ibukota Kecamatan Paloh atau 80 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas
  • Kondisi Jalan Menuju Obyek Wisata : Jalan aspal sampai di Dusun Setinggak kemudian menggunakan kapal motor ke Pantai Selimpai
  • Transportasi yang Dapat Digunakan /Biaya : Menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 hingga di Dusun Setinggak, kemudian menyeberangi Sungai Paloh menggunakan kapal motor selama 20 menit menuju ke Pantai Selimpai.
  • Harga Tiket Masuk : tidak dipungut biaya. (Mursalin /Pontianak Post )

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas


Bila di Provinsi pulau dewata yang bersebelahan dengan Jawa tersebut di sepanjang pantainya berjejer bangunan vila, hotel dan restoran, justru di Selimpai kealamian sangat terasa. Seperti sebuah pulau, Selimpai terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. Sisi selatannya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan di sisi utaranya membentang ke timur dikepung oleh Sungai Merabau. Makanya setiap mereka yang mampir ke sini, akan menjumpai aneka pemandangan; ada hutan pinus, pantai, laut dan sungai. Dari kejauhan terlihat Tanjung Datuk, yang merupakan kawasan berbatasan Malaysia.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas


Wisata

Bentuk pulau Selimpai memanjang. Antara sisi di bibir sungai dan garis laut hanya selebar lapangan bola. Bila kita berdiri di sebelah sungai, akan terlihat ombak Laut Natuna yang saling berkejaran. Hembusan anginnya sedang. Paling kencang tinggi ombak mencapai tiga sampai empat meter.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas

Awal menapak di Pulau Selimpai, pengunjung akan dibuat terpana oleh keelokan pantainya yang eksotis. Apalagi, jika pada saat yang sama matahari mulai tenggelam. Tak dapat dipungkiri, Pantai Selimpai adalah salah satu pantai terbaik untuk menikmati pesona sunrise dan sunset. Baik di tepi pantai atau di sela-sela rerimbunan pinus, jika fajar atau senja menjelang, cahaya matahari berlatar langit biru akan berpendar dengan indahnya. Bahkan, meskipun matahari berada tepat di atas kepala, yang terasa hanya hangatnya karena panasnya terhalang oleh pepohonan pinus yang memanjang apik.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas

Jika pantai-pantai lain didominasi oleh jejeran pohon kelapa atau rerimbunan bakau, Pantai Selimpai dihiasi oleh hutan pinus yang sangat indah. Penutup tanah di hutan ini adalah rumput hijau yang tumbuh merata. Tak hanya itu, di lahan berpasir ini juga banyak ditemukan rerumputan rimbun setinggi mata kaki. Hijau dan cantik, Sambil menyisir pantai, pengunjung akan dihibur oleh paduan kicau burung yang bersahutan dan deburan ombak yang sesekali memecah pantai. Sungguh, siapapun yang berada di sini akan merasakan kedamaian yang kental. Apalagi, pantai dan pulau ini benar-benar masih sangat alami, jauh dari hingar-bingar nuansa kota atau pernak-pernik sentuhan modern. Ya, meski memiliki pasir sebersih Kuta, pengunjung tak akan menemukan bangunan mewah semacam vila, hotel, atau restoran di sini.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas




Kendala

Meskipun memiliki potensi wisata yang cukup besar, jauhnya jarak dari ibukota menjadi kendala dalam pengembangan kawasan ini. Fasilitas yang tersedia juga tidak terlalu banyak dan yang adapun pada saat ini sudah kurang terawat.

WISATA ALAM: Keindahan Pulau Selimpai - Sambas

Beberapa fasilitas yang terdapat di Selimpai misalnya dermaga (sebagian tinggal rangka), aula pertemuan (masih utuh walau agak kotor), villa (sudah rusak dan miring), serta penginapan milik dinas kehutanan. Jika berkunjung kita dapat menggunakan kelambu atau tenda di bawah atap penginapan milik dinas kehutanan.


Arena Mancing Mania

Untuk yang senang memancing, sungai Paloh dapat menjadi tempat favorit kamu untuk melempar kail -andaikan tempat ini tidak jauh dari ibukota-. Kita dapat memancing di sungai dengan menggunakan perahu sewaan atau memancing dari tepian sungai saja. Lokasi yang dekat dengan muara menjanjikan ikan yang dapat kita pancing.
 

Demikian rekomendasi misterpangalayo.com agar Anda dapat mendapat gambaran ringan dalam memilih destinasi wisata pulau yang akan Anda kunjungi di Kabupaten Sambas. Sekali lagi ini adalah penilaian dari saya yang belum tentu semua orang akan sependapat, Namun di balik ini semua, Pulau Selimpai Paloh memang menyimpan pesona yang belum semuanya dapat kita ungkap. 
Nah, sudah memantapkan tujuan ? Jika 'YA', silakan langkahkan kaki Anda menuju pulau ini yang berjarak sekitar 80 km dari ibukota Kabupaten Sambas. Anda bisa memulai perjalanan dari ibukota kabupaten dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi hingga ke Dusun Setinggak (Paloh), setelah itu Anda menyeberangi Sungai Paloh menuju Pulau Selimpai dengan kapal motor selama kurang lebih 20 menit. 

Temukan pengalaman liburan di Pulau Selimpai yang damai ditemani suara deburan ombak menyapu pantai berpasir putih, bersepeda sambil mengelilingi pulau dan dipayungi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi,  snorkeling  di lokasi penyelaman yang unik, memancing di sekitar pulau atau mendirikan tenda bagi Anda yang suka berkemah, serta melihat matahari terbenam akan menjadikan pengalaman di pulau pelangi tidak terlupakan.
 
Lokasi yang tidak terlalu jauh serta mudah dijangkau menjadikan pulau ini pilihan tepat untuk liburan singkat bagi anda dan keluarga yang jenuh dengan kehidupan kota.

2 comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.