Musa Ingens: Sang Raja Pisang Dari Daratan Papua

http://plus.kapanlagi.com
Pernahkah kamu melihat pohon pisang yang besarnya seperti ini? ©Facebook.Save-Flora-and-Fauna-of-Papua/rainforest.expeditions
misterpangalayo.com - Seperti dikutip dari laman bahasa Inggris Wikipedia menyebutkan Musa Ingens adalah spesies tanaman pisang raksasa  yang tumbuh di hutan tropis Pulau Papua, dan merupakan anggota terbesar secara fisik dari keluarga Musaceae, tinggi pohonnya bisa mencapai 5 meter dan lingkar batangnya bisa mencapai 2 meter. Tapi buahnya disebutkan tidak bisa dimakan.

Namun, beberapa waktu lalu sebuah foto pohon pisang yang di unggah di  Laman Facebook bernama "Komoditi perkebunan dan peternakan" membuat heboh nitizen. Spesies pisang raksasa terlihat tinggi menjulang lebih dari 10 meter, sekali berbuah satu pohon bisa berbobot 30kg - 60kg. 

Hingga saat ini, foto tersebut telah dishare lebih dari 12.000 kali dan mendapatkan lebih dari 3.800 tanda like. Menurut keterangan gambar yang tertulis, pohon pisang raksasa tersebut ditemukan tumbuh di pedalaman Papua.


Tak kalah menghebohkan adalah buah pisangnya yang telah masak. Besarnya melebihi ukuran bayi manusia. Bisa anda bayangkan sebesar apa buahnya dan ini penampakan buah pisang musa ingens yang berukuran raksasa akan tetapi dari beberapa media menyebutkan pisang jenis ini tidak bisa dimakan dikarenakan buahnya yang terdapat banyak biji dan keras.

Dilansir dari situs sulsel.pojoksatu.id, Pisang ini terletak di Kabupaten Fakfak, Papua. Foto-foto pisang terbesar di dunia itu diposting di akun Facebook Komoditi Perkebunan dan Peternakan, 7 Desember 2015 lalu.

Foto pisang terbesar dunia itu membuat heboh netizen. Mereka tertarik untuk mendapatkan tunas pisang tersebut. Namun, ada juga yang tidak percaya dan menganggap bahwa foto tersebut hasil rekayasa alias hasil photoshop.


Seperti dikutip dari situs plus.kapanlagi.com, Pohon pisang raksasa yang dikenal sebagai Musa Ingens ini sebenarnya berasal dari Papua Nugini. Tumbuhan langka yang pohonnya bisa mencapai sekitar 18 meter dari permukaan laut itu memang benar-benar tak terduga. Di mana, penemuan besar ini ditemukan oleh seorang peneliti yang bernama Jeff Daniells.

Selain di Papua Nugini, berdasarkan beberapa channel di situs YouTube, ternyata Indonesia juga memiliki jenis pohon pisang raksasa seperti ini yaitu di daerah Papua, Indonesia.  

http://plus.kapanlagi.com
Jeff Daniells menemukannya pertama kali saat melakukan ekspedisi dan penelitian di Papua Nugini ©Rfcarchives.org.au

Jeff yang berkunjung ke Papua Nugini dengan dibiayai oleh International Board of Plant Genetic Resources waktu itu berangkat dan tiba di Papua Nugini pada tahun 1989. Setelah itu, Jeff pun kembali dan mematenkan penemuan ekspedisinya pada tahun 1992, seperti yang dilansir melalui Rfcarchives.org.au.

Menurut Jeff, pisang raksasa ini hanya bisa ditemukan di bagian barat dan timur daerah dataran tinggi atau kawasan pegunungan di Papua Nugini. Atau tepatnya juga bisa ditemukan di Kassam Pass, Aiyura, Bundi Kara, Mt Piora, Kybor, Kamang, bukit Minj dan di atas sungai Tsau yang terletak di bagian utara Banz.

http://plus.kapanlagi.com
Inilah komentar dari netizen yang mengaku terkagum-kagum sekaligus heran kalau di bumi ada pohon pisang raksasa begini ©Facebook.Save-Flora-and-Fauna-of-Papua/rainforest.expeditions

Salah satunya adalah seorang botanis sekaligus fotografer asal Kuching, Malaysia lulusan Universitas California Santa Cruz. Pria yang dikenal dengan nama Ch'ien C. Lee ini diketahui berkunjung ke pegunungan Arfak pada akhir bulan Agustus kemarin. Di mana, setelah hasil foto diunggah ke jejaring sosial. Tumbuhan ini pun langsung sukses jadi perbincangan banyak netizen.  

salah satu postingan nitizen dari grup facebook

11 comments:

  1. wah kalau di halman sy ada pisang segede itu masuk tv kali y sy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya gan..... Bayangin aja segede itu.....

      Delete
  2. wow gede banget pisang nya...bw gan https://goo.gl/wpMnKn

    ReplyDelete
  3. gede banget pisang nya gan

    www.izoke.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berbuah .... Pusing 7 keliling gimana mau ngabisinnnya :) :p

      Delete
  4. Replies
    1. Hahaha Yao Ming siapa ?? Kagak kenal ane gan... Wkwkwkwkwkw

      Delete
  5. Selamat Pagi guys, Masih Bingung Dan Ragu Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    raja poker

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.