Selamat Hari Sumpah Pemuda 2014


misterpangalayo - Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia lupa bahwa pada hari ini (28/10) merupakan hari sumpah pemuda, dan tidak menutup kemungkinan bahwa pemuda sekarang lupa isinya apa saja. Bagi bangsa Indonesia, sumpah pemuda mempunyai arti yang besar. Suatu sumpah yang hanya berisi tiga kalimat tapi mempunyai makna tersirat sungguh luar biasa.

Tak terasa 86 tahun telah berlalu sejak pertama kali persatuan pemuda bangsa Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul dalam satu kongres, menyatakan ikrar sebagai satu kesatuan yang utuh meliputi kesatuan tanah air, bangsa, dan bahasa.

Peristiwa sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

Naskah Sumpah Pemuda
Kini kita, sebagai generasi penerus yang mereka impikan menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang utuh, yang saling bahu membahu menjaga persatuan dan kesatuan. Mari bangkit dan bersatu menjadi pemuda Indonesia yang cinta persatuan dan kesatuan serta tetap bisa menjaga keutuhan bangsa dalam Bhineka Tunggal Ika.

Peran kita saat ini adalah menjadi bagian dari masyarakat aktif mendorong kemajuan bangsa dengan melakukan berbagai kegiatan yang konstruktif, baik melalui organisasi kepemudaan maupun profesi yang digeluti. Peran masa depan dilakukan dengan membekali diri dan mengisi kompetensi. Sehingga ketika nanti mencapai tahap dewasa, pemuda dapat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini dengan baik dan bertanggung jawab.

Janganlah kita sesama bangsa Indonesia saling menjatuhkan, saling menghujat, saling menfitnah, saling rusuh, dan sangat disayangkan kita untuk berpecah belah. Kita adalah bangsa yang besar. Yang lahir karena kesamaan nasib dan geografis.

Belajarlah menghargai perbedaan dan selalu harmonis dalam berkehidupan bernegara serta selalu ikut serta dalam membangun bangsa dan negara. Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 86.

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.