Wisata Sungai Kapuas: Menyusuri Eksotika Sungai Kapuas

JEJAK RADIT,  Wisata Sungai Kapuas - Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Kalimantan bahkan sungai Kapuas juga  terpanjang di Indonesia. Sungai yang mempunyai panjang sekitar 1.178 Km ini terdapat lebih dari 300 spesies ikan hidup.

Sungai Kapuas terbentang dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga muaranya yang relatif tidak jauh dari pusat kota Pontianak. Hingga daerah sepanjang aliran sungai Kapuas sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata, terutama di Kota Pontianak.

Kota Pontianak hingga saat ini masih berbenah diri dalam menggali setiap potensi-potensi pariwisata yang ada dalam mendongkrak perekonomian kota. Salah satunya adalah objek wisata sungai kapuas yang belum ini sudah mulai populer di semua kalangan.
Menyusuri eksotika sungai kapuas dan menikmati panorama malam sungai kapuas menggunakan kapal hias bersama keluarga dan orang-orang terdekat bisa menjadi alternatif berwisata di dalam kota. Disamping itu, Pontianak juga  terus membenahi kawasan wisata "Taman Alun Kapuas" yang dimilikinya. Waktu kunjungan paling ramai adalah pada sore hingga malan hari, karena pada siang hari taman ini sangat panas.

Taman Alun - Alun Kapuas
Saya berkunjung ke Taman Alun Kapuas tepatnya pada malam hari, karena aktivitas wisata banyak aktif pada sore hingga malam hari. Tapi sisi lainnya, tempat ini tidak pernah sepi terutama pada malam hari dan selalu padat oleh para wisatawan lokal maupun dari luar Kota Pontianak.

Beragam aktifitas dapat kita temui disini, sangat lengkap dan penataan tamannya sangat indah dan elegan. Mulai dari pusat cinderamata bagi yang gemar berbelanja, arena bermain anak-anak, menyusuri sungai kapuas dengan kapal hias, atraksi air mancur menari, miniatur tugu khatulistiwa, bioskop outdoor, tribun , caffe dan taman yang indah.

Air Mancur Menari
Menikmati eksotika malam Sungai Kapuas dengan kapal hias, membuat kesan tersendiri bagi saya. Pemandangan kiri kanan tepian sungai kapuas menggambarkan beragam keindahan, baik aktivitas warga pinggiran sungai kapuas maupun lainnya.

Mata saya seketika takjub melihat jembatan kebanggaan Kota Pontianak yakni Jembatan Kapuas I, jembatan ini merupakan urat nadi warga kota. Belum lama ini, jembatan kapuas pernah di tabrak oleh kapal tongkang dan sempat ditutup untuk beberapa waktu.

Ditemani secawan kopi panas sudah membuat betah berlama-lama di atas kapal hias, angin malam yang berhembus membuat sekujur tubuh merasa damai di tambah lagi pemandangan yang tidak biasa.

suasana di atas Kapal
Untuk bisa menikmati indahnya tepian Sungai Kapuas, wisatawan cukup membayar 10.000 rupiah per orang. Kalau wisatawan ingin makan dan minum, harga sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Lamanya waktu yang ditempuh untuk menyusuri sungai Kapuas sekitar satu jam dengan rute yang di lalui adalah dari Taman Alun-alun Kapuas sampai ke Kafe Serasan. Kemudian balik lagi ke Taman Alun-alun Kapuas.

1 comment:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.