Wisata Alam: Pesona Pantai Parangtritis Yogyakarta


 
JEJAK RADIT - Pantai Parangtritis, Ada sebuah pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta akan keindahan dan nilai magicnya  yang tepat berada di 27 km selatan Kota Yogyakarta tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Berada di kawasan pantai selatan Pulau Jawa, pantai Parangtritis sangat diminati oleh masyarakat dari penjuru nusa dan manca. Pantai Parangtritis sangat unik menurutku, karena Parangtritis adalah sebuah pantai yang landai dan mempesona dikombinasikan dengan bukit berbatu, bukit pasir, dengan pasir berwarna hitam serta memiliki banyak fenomena yang menarik.
Tidak mengurung niatku untuk berwisata alam ke kawasan Pantai Parangtritis, bagiku ini pantai yang sangat sempurna, walau warna pasirnya yang kehitam-hitaman. Dengan mengendarai sepeda motor kami pun berangkat. Pantai Parangtritis juga bisa dicapai dengan kendaraan umum yang beroperasi hingga pukul 5 sore.

Suasana sore menjelang matahari terbenam adalah moment yang sangat indah dan romantis untuk dinikamti bersama keluarga, teman-teman, maupun pacar. Karena pantai ini menjelma menjadi wisata terbaik saat menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.

Dibelakang pantai Parangtritis terdapat Tebing yang berdiri kokoh menambah panorama alam yang eksotis yaitu Tebing Gembirawati. Kita bisa mendaki hingga puncak sambil melihat seluruh pemandangan area Pantai Parangtritis, Laut Selatan, hingga ke batas cakrawala.

Aku dan teman-temanku, asyik mengabadikan moment sambil menyusuri sepanjang pantai sambil bersenda gurau berharap ketemu turis untuk berfoto bersama, menikmati beberapa jagung manis yang kami beli di sekitaran pantai sengan suguhan es kelapa muda yang menghilangkan dahaga. Ombak dengan ganas menerjang pantai, hingga percikan ombak menerpa kami.

Satu lagi yang menarik yang kami lakukan adalah menaiki kuda, berjalan menyusuri pantai Parangtritis, 25 ribu rupiah/ kuda, lumayanlah. Hari semakin senja semakin indah panorama Pantai Parangtritis. Ada niat aku untuk mandi di pantai. Tetapi kami sebelumnya diperingatkan oleh teman-teman untuk tidak mandi di pantai.
Konon katanya Pantai Parangtritis sangat erat hubungannya dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Hotel Queen of the South adalah sebuah resort mewah yang diberi nama sesuai legenda ini. Sayangnya resort ini sekarang sudah jarang buka padahal dulu memiliki pemandangan yang sanggup membuat kita menahan nafas.

Pantang katanya untuk mengenakan baju berwarna hijau, konon katanya kita bisa raib dan tidak bisa kembali karena diculik oleh penguasa Pantai Selatan. Percaya tidak percaya itu adalah legenda yang sangat populer di tanah jawa.

Pantai Parangtritis tak kunjung habisnya  menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama keluarga. Bermain layang-layang bersama si kecil juga tak kalah menyenangkan. Angin laut yang kencang sangat membantu membuat layang-layang terbang tinggi, bahkan bila Anda belum pernah bermain layang-layang sekalipun.
Oopss, satu rahasia yang mungkin banyak orang tidak tahu. Ternyata Pantai Parangtritis menyimpan sejumlah rahasia. Ternyata di sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi yang pernah dibangun oleh leluluh bangsa kita. Candi ini bernama Candi Gembirawati yang terletak didaerah pegunungan dan hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis.

Untuk menuju candi ini, kita bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter. Sayup-sayup gemuruh ombak laut selatan yang ganas bisa terdengar dari candi ini. 
narsis dikit joss
Ada baiknya para wisatawan berkunjung ke kawasan wisata alam Pantai Parangtritis Yogyakarta. Ada beberapa jalur alternatif untuk menuju lokasi ini, yakni: 

Alternatif 1 :
Yogyakarta - Imogiri - Siluk - Pantai Parangtritis, jaraknya sekitar 30 km. Rute ini melewati pemakaman keluarga keraton. Hal yang menarik dari rute ini adalah pemandangan yang sangat indah karena disebelah kanan dan kiri jalan terdapat bukit kapur dengan konturnya yang bermacam-macam dan unik.

Alternatif 2 :

Yogyakarta - Kretek - Pantai Parangtritis, segala macam jenis kendaraan dapat melalui rute ini, karena rute ini langsung ke Pantai Parangtritis.


 Adapun rincian biaya waktu berkunjung ke Pantai Parangtritis, antara lain:
1. Tiket masuk kawasan wisata Parangtritis adalah Rp. 3000,- /orang,
2. Asuransi adalah Rp. 250,- /orang,
3. Retrebusi Sepeda Motor adalah Rp. 500,-
4. Retrebusi Mobil adalah Rp. 1000,-
5. Retrebusi Bus Pariwisata adalah Rp. 2000,- 
6. Sewa Kuda/Dokar adalah Rp. 25.000,-
7. Sewa Mobil ATV adalah Rp. 50.000,- hingga Rp. 100.000 (*30menit),
  
tebing yang indah dari kejauhan - Parangtritis
Penginapan juga di sekitaran wisata pantai Parangtritis sangat bersaing harga, jikalau ingin menginap di sekitar Pantai Parangtritis banyak sekali terdapat penginapan, ada losmen maupun hotel, harganya bervariasi mulai dari Rp 30.000-Rp 100.000.

1 comment:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.