Trip Lintas Batas Negara Rute Pontianak - Sambas - Kuching


misterpangalayo.com - Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dan beribukotakan Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Kali ini saya akan berbagi sepotong informasi terkait trip jalan-jalan lintas batas darat negara di Indonesia tepatnya di Kalimantan Barat. Kalimantan secara resmi saat ini memiliki 2 pos lintas batas yang berada di Entikong (Kabupaten Sanggau) dan Aruk (Kabupaten Sambas).

Sekarang saya terfokus trip via jalur pantura (pantai utara) yakni Pontianak - Singkawang - Sambas - Kuching, tidak banyak orang luar Sambas yang melintas batas via jalur pantura (Aruk), dikarenakan belum banyaknya informasi yang tersebar di dunia maya (internet). 

Kabupaten Sambas adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas memiliki luas wilayah 6.395,70 km² atau 639.570 ha (4,36% dari luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat), merupakan wilayah Kabupaten yang terletak pada bagian pantai barat paling utara dari wilayah provinsi Kalimantan Barat. Panjang pantai ± 128,5 km dan panjang perbatasan negara ± 97 km.

Pos Lintas Batas Aruk (PPLB) terletak di Dusun Aruk Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar diresmikan pada Desember 2012 silam. Sedangkan Biawak merupakan desa di Sarawak yang berbatasan langsung dengan Aruk.

Pertama-tama anda bisa memilih bus jurusan Pontianak - Sambas, dari yang ber-AC dan non AC dengan harga yang bervariasi. Pasca Kenaikan BBM pada 22 Juni 2013 silam sangat mempengaruhi tarif bis. Tarif bis non AC IDR 45.000 (bis biasa) dan ber-AC IDR 105.000, damri). Alternatif yang ketiga adalah dengan jasa taksi dengan kisaran tarif IDR 130.000. Lama perjalanan dari Pontianak ke Sambas sekitar 5-6 jam. Disini saya memilih BIS non-AC dengan biaya yang sangat murah dan terjangkau. Perjalanan pun dimulai pada pukul 05.00 Wib. (Tarif per 12/2/2016)



PENTING, apabila Anda ingin melanjutkan perjalanan ke luar kota Pontianak pada sore hari dengan armada BIS (selain mempergunakan DAMRI) misalnya ke kota Singkawang, Sambas, dan Bengkayang, sebaiknya Anda berpergian pada pagi hari berikutnya mengingat pada sore hari sangat sulit untuk mendapatkan bis ke jalur pantai utara (Singkawang, Bengkayang, dan Sambas) dan tidak disarankan untuk menunggu di terminal bis guna menghindari calo tiket dan berbagai hal yang kurang nyaman lainnya. 
Jika berpergian sendiri tentu akan sangat menyulitkan dan ada baiknya bersama teman atau beberapa orang sahabat karena tentu lebih memberikan rasa tenang jika tersesat di jalan. Hindarkan diri anda sesat dan terkatung-katung di jalan. 

Kondisi jalan yang Admin pantau awal tahun 2016, untuk rute  Pontianak - Sebangkau (Kecamatan Pemangkat) sangat mulus, dari Sebangkau hingga Kecamatan Tebas dalam tahap pelebaran jalan disini Anda akan terganggu dalam perjalanan.  Dari Kecamatan Tebas - Kota Sambas jalan kembali mulus dan lebar. 

Jadi rute pertama yang harus Anda lewati adalah Pontianak - Singkawang - Pemangkat - Tebas - Sambas.

Sesampai di terminal Sambas, apbila Anda berangkat dari Kota Pontianak pada pagi hari, maka Anda sampai di tempat tujuan pada siang hari dan tidak ada salahnya Anda mencoba menginap semalam di Sambas (kalau ada tempat sanak saudara di Kota Sambas, sangat disarankan menginap di rumah mereka guna menghemat budget). Saran Admin, silahkan Anda melakukan Wisata Sejarah di Istana Kesultanan Sambas sembari menikmati suasana sunset tepat di depan Keraton.


Untuk Anda yang berminat menginap semalam di hotel, ada beberapa pilihan hotel yang berada tidak jauh dari terminal Sambas yakni Hotel Wella I, Hotel Linsai, Hotel Paradise II, dan Hotel Sambas Indah.

Harga penginapan di Sambas pun bervariasi, dari IDR 40.000 - IDR 250.000. Saya sarankan hotel Wella I yang kebetulan lokasinya berada di komplek terminal Sambas. Untuk kelas ekonomi di Hotel Wella I kisaran harga IDR 80.000. Keputusan berada di tangan Anda, untuk memilih istirahat malam Anda dimana, lihat juga keuangan Anda sebelum mengambil keputusan.
Keesokan harinya, pagi hari angkutan umum yang akan membawa Anda ke perbatasan negara sudah berderet dengan rapi di terminal Sambas. Jadwal keberangkatannya jam 9 pagi. Tarif angkutan umum mulai dari IDR 60.000 - IDR 150.000. Jarak tempuh dari Sambas ke Aruk sekitar 88 kilometer.


Kedua, Anda akan menggunakan sebuah angkutan umum yang sedikit berbeda dengan bus yang anda gunakan sebelumnya. Saran Admin, pakailah pakaian biasa-biasa saja, karena di pertengahan perjalanan Anda akan berhadapan dengan debu-debu. Bayangkan dan khayalkan saja jikalau Anda berpakaian dengan bagus, alhasil pakaian Anda akan bermandi debu. 

Berdasarkan Surat Penetapan Pemenang Pekerjaan Subsidi Operasi Bus Perintis Trayek Sambas - Aruk Nomor : 14/PRTS-III/POKJA-LLAJ-KB/ULP-PLK/I/2015 tanggal 8 Januari 2015, Perum DAMRI Cabang Pontianak ditetapkan sebagai Pemenang Pekerjaan Subsidi Operasi Bus Perintis Trayek Sambas - Aruk

Pasca dtitetapkan sebagai Pemenang Pekerjaan Subsidi Operasi Bus Perintis Trayek Sambas - Aruk, Perum DAMRI menambah unit perintisnya ke PPLB Aruk Kabupaten Sambas. Jadi alternatif kedua, Anda bisa menggunakan armada ini yang jauh lebih aman dari debu.


pict : Eko Sambas

Rute kedua adalah Kota Sambas - Aruk (perbatasan Indonesia) di mulai dari terminal Sambas. Berikut rute yang akan Anda lalui adalah Kota Sambas – Galing – Sasak – Tanjung – Kaliau – Aruk. 

Dari terminal Sambas menuju arah Jalan Kartiasa melewati Sungai Sambas Besar terus sampailah ke pasar Galing (Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas). 

Kondisi jalan dari Kecamatan Galing ke perbatasan Aruk (Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas) mulai dalam tahap perbaikan dan pengerasan. Dikarenakan mulai daerah ini Anda akan melewati daerah pegunungan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Jangan lupa di pasar Galing Anda mengisi perut, karena di pasar Galing tempat melepas penat sementara. Waktu yang diberikan sang sopir adalah 30 menit, maka gunakanlah dengan baik waktu Anda.
 
Perjalanan dilanjutkan, dari daerah Galing anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Pegunungan yang terbentang dengan luas, banyak tempat wisata yang akan Anda lewati apabila sudah memasuki wilayah administratif Kecamatan Sajingan Besar mulai dari Kebun Raya Sambas, hutan sawit, Wisata Rohani Goa Santok, Air Terjun Santok, perkampungan suku Dayak, Air Terjun Riam Merasap, dan banyak lainnya.  

Rute perjalanan dari sinilah (daerah Galing hingga daerah Tanjung) sedikit lebih ekstrim medannya jika dibandingkan dengan rute lainnya, debu terparah sedang melanda kalau terik matahari. Dari debu berwarna merah karena jalan gunung dan berwarna putih, untung saya membawa masker walau semua tubuh saya bermandikan debu. 

Sesampai di Desa Sasak (Sajingan Besar) daratan tinggi udah tampak, jalanan naik-turun karena pegunungan hingga perbatasan, apabila beruntung Anda akan melihat spesies orangutan
Kondisi Jalan Raya Aruk

Tidak jauh dari Desa Sasak, kita akan menjumpai tempat wisata Rohani yaitu Goa Alam Santok dan Air Terjun. Wisata Rohani bagi masyarakat setempat khususnya umat Nasrani. Benar-benar berada di pegunungan sehingga keasrian alam masih sangat terjaga dan pemandangan luar biasa deretan pegunungan yang sangat panjang. 


Jalanan berliku, curam, naik gunung, turun gunung, sangat dibutuhkan kehati-hatian oleh sang supir. Double “WOW” negri di atas awan, itulah sebutan untuk Kecamatan Sajingan Besar. Karena datarannya rata-rata berada di ketinggian berupa pegunungan dan kekayaan alam yang berlimpah serta orang utan masih berkeliaran di hutannya.

Lama perjalanan dari Sambas ke perbatasan Aruk sekitar 4-5 jam, tergantung dengan kondisi jalan. Sesampai di perbatasan Aruk, anda akan di sambut ramah tamah oleh penduduk dengan mayoritas suku Dayak Salako dan Dayak Bakati' dan diikuti suku Melayu.


Baiknya Anda bermalam di Aruk, dikarenakan hari sudah sore ketika Anda sampai di PPLB Aruk. Disini tersedia jasa penginapan dengan harga yang murah dan terjangkau. Disini Anda bisa menggunakan uang Rupiah dan uang Ringgit. Jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah Anda untuk bekal ke negara tetangga.

Keesokan harinya, Anda jangan lupa siapkan paspor untuk lintas batas dan Anda akan diperiksa dengan beberapa pertanyaan dari pihak imigrasi Malaysia. Jika sudah berhasil melintas tapal batas negeri, silahkan Anda istirahat di kedai-kedai terdekat sembari menunggu oplet yang akan menghantarkan Anda ke Lundu.

WELCOME TO SARAWAK - MALAYSIA


saya dan tante amoy 
di perkebunan buah naga Kpg.Biawak
(2012)

Di kedai kampung Biawak ada minuman yang saya suka yaitu teh tarik. Minuman khas di Negara Malaysia dengan aroma yang sangat enak. Disini Anda juga masih bisa menggunakan mata uang rupiah dan ringgit

Dikampung perbatasan Malaysia, uang rupiah sangat dihargai dan yang menariknya lagi, masyarakat kampung Biawak (Sarawak) menggunakan provider Telkomsel. Jadi di daerah ini signal Telkomsel sangat kencang.

Rute ketiga yakni Kampung Biawak - Bandar Lundu (wilayah Sarawak - Malaysia Timur)

Kondisi geografis Sarawak yang masih banyak berupa gunung, hutan dan sungai menjadikan kawasan ini sangat tepat untuk dijadikan lokasi relaksasi diri atau mencecap petualangan hebat. 


 
Sesampai di terminal Bandar Lundu, saya sarankan Anda beli tiket jurusan Lundu - Kuching menggunakan The Sarawak Transport Company’. 

Jikalau masih ada waktu, silahkan Anda berkeliling di bandar Lundu. Sebuah bandar/kota kecil yang sangat indah dan rapi dan mempunyai jumlah penduduk sebanyak 30,390 orang yang terdiri daripada suku Dayak  Bidayuh (Jagoi, Selako, dan Lara), Cina, Melayu, Iban dan lain-lain.

Kuching ke Lundu Lundu ke Kuching
8:00 a.m. 8:00 a.m.
11:00 a.m. 11:00 a.m.
2:00 p.m. 2:00 p.m.
4:00 p.m. 4:00 p.m.
           (*waktu setempat)

teh tarik
Lundu memiliki setidaknya 91 buah kampung yang jarak antara satu kampung dengan lainnya saling berdekatan. Misalnya saja, Kampung Stunggang Melayu yang terdapat disekitar Sungai Batang Kayan berdekatan jaraknya dengan perkampungan lainnya yakni Kampung Semunin dan Kampung Dagang. 


Hubungan dikalangan internal penduduknya terjalin dengan sangat baik dan senantiasa berupaya untuk menjaga harmoni dan rasa kegotongroyongan yang besar. Kerjasama dan nilai kekeluargaannya terasa sangat jelas dipertahankan sebisa mungkin dan sekuat-kuatnya. Anda akan menyaksikan semuanya itu ketika berkunjung ke Distrik Lundu ini!

Jarak tempuh  dari Bandar Lundu ke Bandar Kuching sekitar 100 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 30 menit, tarifnya adalah RM. 10.00. Selama Anda masih di Lundu sebaiknya Anda juga mengunjungi Rumah Panjang (Longhouse) yang masih dipertahankan hingga saat ini. Rumah Panjang ini biasanya ditempati oleh suku Iban.
 
Kota Kuching - Sarawak
*Rincian biaya versi misterpangalayo.com Edisi Januari 2016 (paket Hemat) : 
  1. Bis Non AC                           (Pontianak - Sambas)           IDR   45.000
  2. Angkutan Umum                    (Sambas - Aruk)                  IDR   60.000
  3. Oplet                                   ( Kpg. Biawak - Lundu)        RM   2.00
  4. Bus Umum AC                       (Lundu - Kuching)                RM  10.00
  5. Penginapan Kelas Ekonomi   (Hotel Wella 2 Sambas)        IDR    80.000    (*tidak wajib)
  6. Penginapan Murah                 (perbatasan Aruk)              IDR    50.000    (*tidak wajib)
 (*tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

*note

Admin telah update semula artikel ini dengan perkembangan terkini per tanggal 12 Februari 2016

31 comments:

  1. Terimakasih informasinya sangat detail dan membantu. saya akan ke Aruk minggu depan, jadi ada gambaran :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan ini masih belum saya update,,, beberapa bulan lalu saya ke Sambas.... jurusan Sambas - Aruk sudah bisa pake DAMRI,,,,,

      selamat ngTRIP :)

      Delete
  2. Makasih informasinya....jadi kepengen berpetualang neh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih telah berkunjung..... secepatnya saya update lagi artikel ini.....

      Delete
  3. Artikel yg menarik, mudah"an dgn artikel ini kab.sambas makin d'kenal d'mata org luar...
    Salam...

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Sangat berguna untuk saya dan teman2 dari Cirebon, Jawa Barat yang akan melintas Sambas berwisata dalam waktu dekat.
    Terima Kasih, terutama jadwal operasi dan waktu bis serta tarif penghinapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada pertanyaan silahkan email saya aja brother... raditmananta@gmail.com

      Delete
  6. klo jalur darat pontianak sintang ada saran bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rute Kota Pontianak ke Ibukota Kab Sintang bisa jalur udara dan jalur darat..

      untuk jalur darat:

      Alegra (Jl. Veteran Pontianak)
      Telp. 57-5336, 0852-5267-9222

      ATS (Jl. Pahlawan No. 58)
      Telp.74-0308

      Borneo Trans (Jl. Tanjungpura No.244 Pontianak)
      Telp. 57-6678, 0812-5807-8900

      Damri (Jl. Pahlawan No.226/3 Pontianak)
      Telp. 744859, 740049, 7076849

      SJS (Jl. Sisingamangaraja No.155 Pontianak) Telp. 765653


      biasa saya utk ke Sintang via DAMRI dengan tarif tujuan Pontianak - Sintang super eksekutif Rp 215 ribu, eksekutif Rp 175 ribu, AC bisnis Rp 160 ribu dan AC ekonomi Rp 145 ribu. (harga sewaktu-waktu bisa berubah)

      SEMOGA BISA MEMBANTU

      Delete
  7. Bagaimana caranya membuat Paspor lintas batas? Trus apakah masyrakat luar daerah prbatasan bisa pakai PLB?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti pengalaman saya,,,,, membuat PLB , saya langsung mendatangi kantor imigrasi.... plb masa berlakunya hanya setahun dan utk daerah yg bisa di kunjungi pun terbatas. Kalau perbatasan sambas, kita hnya bs sampai ke lundu sematan. Dan utk smpai ke kuching kita harus menggunakan paspor reguler....

      Masyarakat luar daerah perbatasan, mungkin bisa. Saya kurang tahu utk hal tsb.

      Saya bukan tgl d perbatasan tp sya bsa membuat PLB...

      Sejatinya PLB memudahkan masyarakat perbatasan utk berbelanja ke negara tetangga karna aksesnya lbh dkt dibanding harus berbelanja ke ibukota kabupaten yg jauh lbh banyak memakan waktu dan tenaga

      Semoga bs membantu

      Delete
  8. Bagaimana caranya membuat Paspor lintas batas? Trus apakah masyrakat luar daerah prbatasan bisa pakai PLB?

    ReplyDelete
  9. Thank you atas tulisannya.. sangat informatif.

    Saya akan keliling Borneo naik motor masuk Malaysia lewat Aruk

    OTOSL.com | MotoBikerz.com

    ReplyDelete
  10. Sangat membantu informasinya nihh....
    Dalam waktu dekat saya ada kerjaan di Aruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau artikel ini bisa membantu... Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..

      Delete
    2. Sama2.
      Untuk hotel wella mungkin sdh berubah wajah sekarang. Saya sempat menginap 1 mlm disana.

      Delete
  11. keren, saya suka.. dlm bbrpa hari lagi saya akan melakukan perjalanan menuju aruk, kebetulan paman saya ada d sana.hal yg paling saya sukai tentang rute transportasi n buged ny.. hehehe

    ReplyDelete
  12. Belum nyoba ke Malaysia melalui border Aruk, kayaknya kapan2 boleh coba jalur ini. Kalau dari border ini ke Kuching berapa lama Bro?

    ReplyDelete
  13. Tulisannya menarik dan informatif. Mantap..tap..tap.. Lanjutkan Bang Radit, sukses.

    ReplyDelete
  14. Tulisannya menarik dan informatif. Mantap..tap..tap.. Lanjutkan Bang Radit, sukses.

    ReplyDelete
  15. Salam kenal Bang Aditya. Dari perbatasan Aruk ke sempadan Kampung Biawak jala kaki ya?

    ReplyDelete
  16. Terima kasih banyak ya, sudah berbagi. Saya sedang menulis novel yang tokohnya melakukan perjalanan dari Pontianak ke Aruk. Informasi di blog ini detail dan sangat membantu. 😊

    ReplyDelete
  17. mun ke semparuk berape pakai damri bang ?? soalnye daan suah tok, dan ade ke kontak damri yang bise di telpon atau sms, mun bise no selain telpon rumah.

    ReplyDelete
  18. Pengen rase ke Malaysia lagi, kapan-kapan yok dit

    ReplyDelete
  19. Silahkan datang ke kuching malaysia teman2. Moga bisa damai kita semua. Bisa coba makanan yg enak di kuching sepertinya laksa sarawak, mee kolo, ayam pansuh, teh tarik gula apong.. moga selamat.. salam dari kuching..

    ReplyDelete
  20. Besok tanggal 31 saya ke pintianak,,,ada rencana sih ke aruk...tapi liat sikin aja deh

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.