Kawasan Nol Kilometer Kota Pontianak


JEJAK RADIT, Nol Kilometer - Titik nol kilometer Kota Pontianak adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Kota Pontianak atau kota-kota lain di luar Pontianak. Tinggi patoknya adalah 1,26 m dengan diameter 27 cm dan berbentuk persegi panjang.
 
Bentuk bagian yang pertama, yang paling atas, setinggi 29 cm, mengarah ke arah utara  dan terdapat tulisan PTK O. Bagian kedua, setinggi 62 cm, terdapat dua sisi muka. Masing-masing dengan ukuran yang lebih kecil. Sisi yang mengarah ke timur laut bertuliskan PTK O, yang berarti menunjukkan titik Nol kilometer Kota Pontianak. Sisi satunya, yang mengarah ke barat laut  terdapat tulisan MPW 67, yang  berarti  jarak dari patok ini  ke kota Mempawah sejauh 67 km. Bagian yang ketiga, bagian paling bawah dari patok, berbentuk empat persegi panjang sama sisi. Setinggi 32 cm dengan panjang masing-masing sisi 62 cm.

Di manakah letak titik nol kilometer Kota Pontianak ? Beberapa orang mungkin  memilik jawaban yang bervariasi. Ada yang mengatakan bahwa titik nol kilometer tersebut berada di Keraton Kadriah, Taman Alun-Alun Kapuas, Kantor Walikota Pontianak, atau malah di Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Saya sempat melihat secara langsung kondisi fisik titik nol kilometer Kota Pontianak, kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak terawat. Banyak yang tidak tahu bahwa yang berdiri di dekat gapura dermaga penyeberangan Siantan itu adalah titik nol kilometer Kota Pontianak, dan mempunyai nilai sejarah.

Seharusnya pemerintah kota maupun pemerintah provinsi, merawat dan menjaganya agar tetap utuh dan terjaga kelestariannya. Kita bandingkan dengan kota-kota besar yang ada di Pulau Jawa, seperti Kota Semarang dan Kota Yogyakarta. Pemerintah setempat sangat memprihatikan keberadaan titik nol kilometer, sehingga tampilannya sangat bagus dan terawat dengan baik.

Untuk Kota Pontianak, apabila instansi terkait menyadari betapa pentingnya keberadaan "Titik Nol Kilometer Kota Pontianak", ini akan menjadi destinasi menarik dan menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Secara administratif, Titik nol kilometer Kota Pontianak ini berada di Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. Tepatnya berada di kawasan Pasar Siantan dan tak jauh dari seteher (steigher) dermaga fery penyeberangan Siantan. Tempatnya tak seberapa jauh dari gapura berwarna biru, dekat sebuah warung kelontong dan jika kita dari arah Pasar Siantan, patok ini berada di sebelah kiri.

Awal pembuatan titik nol kilometer Kota Pontianak pada masa pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda di Borneo Barat sebagai penanda awal pembuatan pembuatan jalan Pontianak - Sambas pada abad ke-19 M. Jalan dan Patok ini mempunyai nilai heritage dan menjadi salah satu landmark di Kota Pontianak.

Titik Koordinat : -0:1:9.46009  109:20:32.4852

2 comments:

  1. Lagi seneng sama titik nol kilometer baru tahu kalau titik nol kilometer Pontianak seperti ini..
    berarti di Singkawang masih lebih baik ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Singkawang dikemas dengan baik, syg Pontianak tdk diperhatikan... Sedih beta

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.