Fenomena Halo Bulan Hiasi Langit Malam di Pontianak

SAMBASBORNEOnews, Pontianak - Fenomena Halo Bulan Senin (14/04/2014) malam, menghiasi langit malam di Kota Pontianak. Fenomena astronomi menakjubkan tersebut dapat di lihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu apa pun. Hallo bulan dapat dinikmati mulai sekitar maghrib dan Bulan purnama yang tampak bulat seutuhnya dikelilingi oleh cahaya yang melingkar seperti cincin.

"Awal-awal saya melihat bulan posisinya sangat dekat, sehingga kelihatan besar dan tak lama kemudia tiba-tiba ada lingkaran yang mengelilingi sang bulan. Saya takjub melihat fenomena langka ini, sebelumnya saya juga pernah melihat hal serupa tapi pada matahari bukan bulan. Dan saya pun tidak ketinggalan mengabadikan moment ini," ujar Siti Zubaidah saat ditemui di Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, Selasa (15/12/2014).
Jika dilihat dari bumi, bulan seperti terkurung sendirian dalam lingakaran cincin cahaya berpelangi. Dan uniknya ada satu bintang yang berada dalam lingkaran gradasi cahaya berkabut.

Sementara itu dikutip dari beberapa blog melaporkan kejadian ini petanda akan datangnya sebuah bencana seperti halnya sebelum terjadinya Tsunami Aceh pada 26 Desember 2006 silam, namun informasi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

Merujuk kepada wikipedia , Fenomena halo (bahasa Greek: ἅλως) adalah lingkaran cahaya seakan-akan pelangi yang mengelilingi Matahari atau Bulan. Ia adalah sejenis fenomena optik.

Halo Bulan terbentuk karena adanya awan Cirrostratus yang memiliki sifat tipis, transparan dan ada pada ketinggian 6 km di atas permukaan laut. Ketika cahaya Bulan menembus lapisan awan itu, cahaya akan dibiaskan dan mengumpul membentuk pola lingkaran. Fenomena halo juga bisa menjadi pertanda akan datangnya hujan karena awan Cirrostratusdikenal sebagai awan pembawa hujan. (RP)

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.