Dirgahayu Indonesia ke-68

Dirgahayu Indonesia - 17 Agustus 1945, itu merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari kemerdekaan bangsa Indonesia setelah berabad-abad di jajah dan saatnya untuk bebas dari penjajah. Merdeka ! Merdeka ! Merdeka ! Itulah ucapan yang pertama kali kita dengar menjelang Dirgahayu RI dirayakan. Tentunya kita sendiri bisa mengetahui apa arti kata “Merdeka” dan apa tujuan akhir dari kata tersebut. Merdeka berarti bebas, bebas disini diartikan bebas dari penjajahan, sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alenia pertama, “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan”. Tujuan akhir dari kata merdeka bagi bangsa Indonesia sendiri, yaitu ingin menjadi bangsa yang dapat meguasai segala kehidupan negaranya sendiri tanpa turut campur dari para penjajah.

Begitu banyak bunga bangsa yang berguguran untuk terbebas dari belenggu penjajahan. Kita seharusnya generasi muda harus memaknai arti kemerdekaan dengan rasa nasionalisme. Akan tetapi kita kehilangan makna peringatan kemerdekaan itu, padahal para bunga bangsa dengan susah payah dengan penuh cucuran darah, keringat, air mata, bahkan nyawa pun siap jadi taruhan.

Kemerdekan Republik Indonesia merupakan harga mati, seperti kata para pejuang "Sekali merdeka tetap merdeka", dan itu tergantung generasi sekarang untuk memaknai arti kemerdekaan.

Sebagai tambahan saya tambahkan naskah proklamasi : 

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Sebagai generasi muda, kita mempunyai tugas untuk membangun negeri ini dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran sebagai warga negara yang baik. Kita juga harus menghargai perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur di medan perang demi mencapai arti kata merdeka agar kita dapat mengambil pelajaran didalamnya, sehingga kita dapat membangun bersama menuju Indonesia yang damai dan sejahtera.

Sekian dari post ini, saya pemilik "sambas-borneo" berharap dengan bertambahnya usia negara kita maka negara kita pun akan semakin maju. Dirgahayu Indonesiaku ke-68. Merdeka.... Merdeka..... Merdeka !!!

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.