Menapaki Keindahan Sepotong Surga di Desa Temajuk


misterpangalayo.com -  Surga Belanja Para Pecinta Alam, Satu Sudut Berjuta Rasa. Desa Temajuk adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat terbentuk pada tahun 2002 hasil pemekaran dari Desa Sebubus. Memiliki panorama alam dan potensi yang tidak bisa di pandang sebelah mata serta hamparan pasir dan bebatuan yang tertata rapi. Desa ini tergolong terisolir yang mana berbatasan langsung dengan Sarawak-Malaysia dan Laut Natuna karena akses tempuh lewat darat dari ibukota kabupaten sekitar 120 km.

Desa yang terdapat di ekor pulau Kalimantan ini lebih dikenal dengan nama Tanjung Datu’ , karena Pegunungan yang membentuk sebuah tanjung itu terbagi dua wilayah yaitu Indonesia dan Malaysia. Desa Temajuk juga banyak memiliki kekayaan dan keindahan alam yang bisa berkembang menjadi desa ekowisata, bisa di bilang pantai yang paling indah dari semua pantai yang ada di Provinsi Kalimantan Barat karena memiliki keunikan khusus.

Apabila air sedang surut, maka yang terjadi adalah hamparan pasir yang sangat luas dengan lebar sekitar 100-150 m membuat ketertarikan tersendiri untuk menjelajahinya. Dan apabila sudah memasuki bulan Oktober-Februari tiupan angin sangat kuat dan kencang sehingga membuat ketinggian gelombang di pantai ini mencapai 2 meter atau bahkan lebih. Sehingga ini waktu yang sangat tepat untuk melakukan olahraga berselancar.

Tidak hanya itu, di sepanjang garis pantai desa temajuk juga terdapat fauna langka seperti penyu yang dilestarikan dan di budidayakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat demi keseimbangan lingkungan. Dan juga terdapat di Pulau Selimpai berada di Desa Sebubus. Disamping itu juga di perairan temajuk (sambas) terdapat lumba-lumba putih.

Infrastruktur di desa ini juga tergolong minim dimana belum terdapat jaringan listrik PLN dan telekomunikasi. Tetapi sejak nama Temajuk melejit dan tenar karena isu pencaplokan batas wilayah di dusun Camar Bulan dan Tanjung Datu’ , itu membuka peluang desa ini untuk bangkit dari terisolir. Berbagai bantuan dari pusat, provinsi, dan daerah terus mengalir untuk membangun daerah tersebut menjadi desa mandiri, ekowisata, dan sejahtera.

Disini juga mempunyai penginapan untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh alam temajuk yang ramah lingkungan. Juga terdapat sebuah dermaga yang sangat panjang menjorok ke laut. Kita juga bisa berwisata ke desa Telok Melano yang merupakan sebuah desa distrik Sematan. Begitu bebas masyarakat sana keluar batas wilayah untuk berwisata, berniaga, dan lainnya. Desa Temajuk juga dikenal dengan kampong laut karena semua penduduknya etnis Sambas (Melayu Sambas) yang menggunakan dialek yang sama dengan yang di tuturkan di Kota Sambas.

Saya sebagai penulis berharap untuk kedepannya sarana komunikasi, infrastruktur dan jaringan listrik PLN secepatnya masuk di Desa Temajuk, agar masyarakat Serambi Depan NKRI dapat mencicipi kemerdekaan dg menikmati pelayanan dari pemerintah. Semoga apa yang saya sajikan ini bisa menjadi referensi bagi para Blogger.

2 comments:

  1. mudah" tulisan ni bisa bermanfaat wat para blogger

    ReplyDelete
  2. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama MGMPOKER88 dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya.
    dewa poker

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.