KATAK SUNGAI SAMBAS: Spesies Langka Paling Dicari Di Dunia

katak sambas / katak sungai sambas
(sumber: google.com)
misterpangalayo.com - Pulau Borneo atau Negeri Nusa Kencana adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang berada di Jantung Asia Tenggara. Pulau Borneo juga merupakan paru-paru dunia yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna sehingga kawasan hutan pulau borneo masih terjaga. Pulau yang misterius dan penuh tanda tanya ini menyimpan segudang sejarah yang belum tergali dan minimnya informasi tentang pulau ini.

Pulau Borneo berdiri tiga kekuasaan besar antara lain Indonesia , Malaysia, dan Brunei Darusallam. Di Indonesia itu sendiri telah mengklaim daerah Kalimantan (sebutan Borneo untuk wilayah Indonesia) menjadi kawasan konservasi dan taman nasional. Karena keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu fauna yang sudah hampir langka dan sangat susah sekali untuk ditemukan adalah spesies Katak Pelangi Borneo atau yang lebih di kenal dengan Katak Sungai Sambas. Spesies ini merupakan salah satu dari 10 katak yang paling di cari di seluruh dunia.

Saya sebagai admin dari blog ini pernah menjumpai spesies ini di kawasan hutan Sambas, itu pun sudah berapa tahun yang lalu, memang kebanggaan bagi saya bisa melihat spesies katak yang sangat indah dan langka itu. Tapi sekarang hingga pelosok Kalimantan pun sangat susah untuk menemukan spesies ini.

Pada Agustus 2010, seorang peneliti berkebangsaan Malaysia bernama Indraneil Das berangkat dengan timnya untuk menemukan kembali Katak Pelangi Borneo yang hampir punah di sepanjang pegunungan di negara bagian Sarawak barat. Pada tahun 1924, Katak Sungai Sambas pernah juga ditemukan  oleh tim ilmuwan di pulau Kalimantan bagian Barat (Indonesia) setelah berbulan-bulan menjelajahi hutan terpencil tetapi yang melihatnya hanya tiga orang.

"Adalah baik untuk mengetahui ketika kita dekat dengan harapan, terutama di tengah meningkatnya krisis kepunahan planet kita. Amfibi berada di garis depan dalam kepunahan, jadi saya berharap bahwa spesies unik ini berfungsi sebagai awal untuk konservasi dan menjadi kebanggaan orang Malaysia pada umumnya dan juga orang-orang di seluruh dunia.", ucap spesialis amfibi Robin Moore dari kelompok yang berbasis di Virginia itu.

SALAM 1 BORNEO !!! (sb)

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.